Minimalisir Kematian, Pemkot Resmikan Bank Darah Kedua di Balikpapan

KITAMUDAMEDIA, Balikpapan – Pemkot Balikpapan meresmikan fasilitas bank darah di RS Medika Manggar, Balikpapan Timur, Jumat (16/4) siang. Keberadaan fasilitas tersebut disebut akan membuat kebutuhan darah selalu terpenuhi.

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi mengatakan, keberadaan bank darah di RS Medika Manggar akan sangat berguna. Karena rumah sakit tersebut bisa menyuplai darah khususnya untuk warga Balikpapan Timur.

“Dulukan kalau warga di sini mau ambil darah harus di PMI Balikpapan. Nah, itukan jauh betul. Jadi, dengan adanya bank darah ini, sekarang sudah dekat,” katanya Rizal usai meresmikan bank darah tersebut.

Pemkot Balikpapan pun telah menyiapkan sejumlah startegi untuk memastikan stok darah selalu tersedian di RS Medika Manggar. Yaitu dengan berkerja sama dengan kepolisian dan TNI di Balikpapan. Selain itu juga berkerja sama perusahaam-perusahaan yang ada di kawasan Balikpapan Timur.

“Jadi sudah ada jadwal personel TNI dan Polri untuk mendonerkan darahnya di sini. Termasuk ASN,” beber wali kota dua periode itu.

Namun rumah sakit tersebut belum dilengkapi donor darah penyintas Covid-19. Rizal memastikan semua peralatan akan terpenuhi dalam waktu dekat ini. “Tentu kami membutuhkan peralatan untuk plasma convalesen penderita covid-19. Sehingga kita punya alat yang lengkap,” ujarnya

Masih di lokasi yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan, Andi Sri Juliarty mengatakan, penambahan bank darah ini diinisiasi karena banyak kaum perempuan yang meninggal dunia sehabis melahirkan. Oleh karena itu, dia berharap, dengan adanya penambah bank darah bisa meminimalisir kematian.

“Jadi kebutuhan darah itu sangat penting. Sangat disayangkan jika ibu-ibu sampai meninggal saat melahirkan,” kata perempuan yang biasa disapa Dio itu.

Dia pun berharap, fasilitas bank darah di Balikpapan bisa ditambah lagi. Sehingga, kebutuhan darah akan selalu terpenuhi. “Semoga Balikpapan semakin banyak fasilitas bank darah. Sehingga jika dibutuhkan, terutama pada saat operasi, bisa segera terlayani,” ujarnya.

Baca Juga  Cegah Stunting dengan Pemberian Telur hingga Deteksi Dini ke Puskesmas

Reporter : Adi
Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply