Disdamkartan Bontang Akhirnya Punya Mobil Rescue Canggih

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Kendaraan unit penyelamatan (Rescue) kini sah dimiliki Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) Kota Bontang, di awal tahun 2020 ini. 1 unit mobil Rescue seharga Rp 2 Miliar ini terbilang canggih, karena memiliki rangkaian khusus untuk melakukan penyelamatan dan spesifikasi teknis penanganan bencana lainnya.

Armada rescue berwarna hijau stabilo ini memiliki alat pemotong seharga Rp 600 juta. Alat pemotong besi dapat digunakan apabila ada kecelakaan lalu lintas dengan korban terjepit. Selain itu terdapat pula alat pemotong pohon, perahu karet, penampungan air tangki portabel, mesin penyedot asap beserta selangnya, tandu, lampu portabel, alat bantu pernafasan, kain khusus memadamkan api, hingga baju tahan api.

Kepala Disdamkartan Moh Yani menyebut, armada baru tersebut diharapkan dapat menunjang kinerja petugas, pasalnya Disdamkartan tidak hanya bertugas memadamkan api, tetapi juga melakukan upaya penyelamatan.
“Selama ini kita pakai alat seadanya saja,” ungkapnya.

Selain armada rescue, Disdamkartan pada tahun ini juga mendapatkan satu tambahan armada fire truck senilai Rp 1,4 Miliar dengan kapasitas 3700 liter. Body armada baru tersebut lebih ramping sehingga dapat memudahkan untuk masuk ke dalam gang-gang sempit.

Ditambahkan Yani, tahun ini pihaknya kembali mengusulkan pengadaan dua unit mobil tangki, dengan kapasitas masing-masing 6000 liter, lewat APBD Murni tahun 2020. Mengingat, saat ini pihaknya tidak memiliki armada untuk penyuplai air. “Kita menyesuaikan anggaran saja,” ujarnya.

Dua Armada Baru Disdamkartan

Adapun saat ini Disdamkartan Bontang memiliki 6 unit mobil pemadam kebakaran. Terdiri dari 1 unit tangki, 1 mobil rescue, dan 4 fire truck. Hanya saja, satu armada sedang dalam perbaikan. Sementara, satu fire truck juga disiagakan di posko penanganan Loktuan. Sehingga armada yang ada di kantor Disdamkartan saat ini berjumlah 4 unit.

Reporter : Yulianti Basri
Editor : Kartika Anwar

Leave a Reply