Rapat Paripurna DPRD Bontang, Basri : Prioritaskan Penanggulangan Angka Kemiskinan

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Rapat paripurna ke 5 masa sidang III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Bontang, yang digelar di sekretariat DPRD, Selasa (27/04/2021) dalam rangka penyampaian pidato Wali Kota Bontang masa jabatan tahun 2021-2024.

Dalam pidatonya, Wali Kota Basri Rase menyebutkan visi misinya kedepan. Adapun program yang akan dijalankan diantaranya, menanggulangi banjir, penanganan dan penanggulangan penyebaran pandemi covid-19, serta mengurangi angka kemiskinan akibat pandemi.

Basri kembali menegaskan tugas pertama yang harus diprioritaskan adalah mengurangi angka kemiskinan yang ada di Bontang. Oleh karena itu, kebijakan refocusing anggaran untuk mendukung pemulihan ekonomi diperlukan agar penurunan produktivitas sektor-sektor ekonomi masyarakat akibat pandemi covid-19 dapat pulih secara bertahap.

“Dari tingkat pertumbuhan ekonomi mengalami penurunan dari 6,64% pada tahun 2019, menjadi 2,38% pada Tahun 2020. Penurunan ini diiringi pula dengan meningkatnya angka kemiskinan dan pengangguran,” ujarnya saat berpidato.

Untuk mewujudkan visi misi pembangunan tersebut, akan dijabarkan dalam kerangka perencanaan pembangunan 2021-2024 tercakup dalam tiga rumusan misi yakni:
1.Kota Bontang yang Harmoni melalui pemantapan sinergi dan kolaborasi pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha dalam pembangunan;
2.Kota Bontang Berkelanjutan yang Layak Huni, Cerdas dan Berwawasan Lingkungan melalui Pemantapan Ekonomi, Sosial Budaya, dan Infrastruktur serta Pelestarian Lingkungan Hidup;
3.Kota Bontang yang Berdaya saing dan Sejahtera melalui peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia.

Sementara itu, Ketua DPRD Bontang Andi Faizal Sofyan Hasdam berharap kemitraan antara DPRD dengan pemerintahan terus bersinergi.

“Semoga kedepan hubungan pemerintahan dengan DPRD terjalin dengan baik,” pungkasnya.

Diketahui, rapat paripurna ini dihadiri oleh Jajaran Forkopimda, Pimpinan Perusahaan PT. Badak, PT. Pupuk Kaltim, PT. Indominco, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama beserta Tokoh Pemuda.

Baca Juga  71 Jemaah Haji Asal Bontang Berangkat ke Embarkasi Balikpapan

Reporter : Lia Dewa
Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply