Tidak Maksimal, Pemkot Bontang Minta Pengelolaan BLKI Dialihkan ke Daerah

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Balai Latihan Kerja dan Industri (BLKI) Bontang yang terletak di Bontang Lestari hingga kini masih di bawah naungan provinsi Kalimantan Timur, namun keberadaannya kerap terbengkalai.

Melihat kondisi tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang berinisiatif untuk mengambil alih kepengurusan BLKI tersebut, dengan bersurat ke pemerintah provinsi (pemprov)

“Kemarin sudah sampaikan ke Gubernur, sudah izin juga agar Bontang bisa mengelola BLKI tersebut, kita masih berharap, dan dalam waktu dekat ini kita segera bersurat ke Provinsi nanti,” ujar Wali Kota Bontang Basri Rase sore, Jum’at (11/06/2021).

Sejauh ini pengelolaan BLKI Bontang dinilai tidak maksimal. Kedepan jika dipegang Bontang, akan ada pelatihan yang berkaitan dengan programnya yakni Meningkatkan sektor pariwisata dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Nanti kan kita akan ada kerjasama dengan lembaga yang kompeten, yang bisa menghasilkan sertifikasi, nanti akan ada banyak pelatihan khususnya UMKM,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Disnaker Bontang Ahmad Asnem mengatakan, pemkot Bontang saat ini belum punya kewenangan untuk mengkritik BLKI yang terletak di Bonles lantaran kepemilikannya masih milik pemprov.

Namun Aznem menjelaskan, ketika BLKI Bonles resmi sepenuhnya dikelola oleh Bontang kedepan akan banyak hal yang akan dilakukan oleh pihaknya.

“Kita sudah ada gambaran, sangat banyak, jadi kita inventarisasi dulu kebutuhan apa yang akan dibutuhkan oleh BLKI Bontang, kita melihat juga investasi apa yang akan masuk di Bontang,” bebernya.

Lebih lanjut, upaya tersebut juga sebagai bentuk menyambut Ibu Kota Negara, serta akan berkolaborasi dengan perusahan yang mampu memberikan sertifikasi, sehingga Bontang sebagai kota penyanggah sudah siap melahirkan tenaga kerja yang berkompeten nantinya.

“Nanti kerjasama dengan PT Badak itu bisa memberikan sertifikasi nasional, sehingga nanti ketika banyak investasi masuk di Bontang kita sudah siap, itu salah satu visi Wali Kota juga, meningkatkan SDM. Nanti itu ketika perizinan PT Alesco sudah selesai kan akan lebih enak nantinya kita, tapi saat ini belum bisa apa-apa, karena BLKI belum milik kita,” sambungnya.

Reporter : Iqbal Tawakkal
Editor.: Kartika Anwar

Leave a Reply