Serapan Anggaran Kecamatan Bontang Selatan Rendah, Akibat Isu Pergeseran Pro Duta

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Komisi I DPRD Bontang menyayangkan rendahnya serapan anggaran Kecamatan Bontang Selatan. Diketahui hingga pertengahan tahun ini hanya terserap 26,5 Persen dari target 45 persen.

Merespon hal tersebut, Pelaksana Tugas (PLT) Camat Bontang Selatan Budiman menjelaskan, kendala yang dialami oleh pihaknya yakni faktor pro duta dan administrasi dari RT yang kian lamban.

“Kenapa agak lambat, kendalanya ada 6 kelurahan di Bontang Selatan, prosesnya di kelurahan itu sangat lambat, ketika kelurahan lambat melaporkan kita juga lambat, kami kan tergantung kepada teman-teman di Kelurahan, itu jadi salah satu kendala kami, hambatan juga,” bebernya.

Namun ia meyakinkan ketika produta nantinya tetap berjalan dan tidak ada kendala, pihaknya menargetkan serapan anggaran capai 50 persen.

“Kami sih berharap ketika produta nanti berjalan bisa mencapai 50 persen” pungkasnya

Anggota Komisi I DPRD Bontang Maming memahami, beberapa kendala yang terjadi dalam serapan anggaran tersebut salah satunya faktor isu pergeseran pro duta.

“Masih dalam proses pengadaan semuanya, kemarin kendalanya soal pro duta akan digeser oleh pemerintah, makanya prosesnya lambat,” ujarnya ditemui usah Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Camat Bontang Selatan, Senin (14/6/2021).

Namun dari hasil rembuk bersama anggota DPRD Bontang menyatakan bahwa produta tetap berjalan, lantaran telah masuk kedalam program pemerintah sebelumnya serta mencakup kepentingan banyak orang.

“Alhamdulillah dari hasil rapat kami ternyata produta tetap bisa berjalan, karena demi masyarakat banyak,” pungkasnya.

Kendati begitu, diharapkan kepada seluruh kecamatan di Kota Bontang khususnya Bontang Selatan agar dapat mempercepat serapan yang dimiliki, sebab produta dapat kembali berjalan.

“Kami berhasil mempertahankan produta, jadi semoga pihak kecamatan bisa mempercepat serapan anggaran miliknya, bisa melalui pengadaan atau fisik nantinya,” pungkasnya.

Baca Juga  Bupati Kutim Akhirnya Realisasikan Kenaikan Gaji TK2D 

“Tahun ini semoga bisa mencapai target, kalau dilihat dari regulasinya sepertinya bisa mencapai target 45 persen tersebut,” sambungnya.

Untuk diketahui anggaran yang dimiliki oleh Kecamatan Bontang Selatan yakni 44 miliar.

Reporter : Iqbal Tawakkal
Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply