Awesome Logo
Tersedia ruang iklan, informasi hubungi 08125593271                    Segenap Pimpinan dan Redaksi Kita Muda Media Mengucapkan Marhaban ya... Ramadhan 1442 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin                    Patuhi Protokol Kesehatan dan Jaga Imunitas                    Follow Medsos KITAMUDAMEDIA FB : kitamudamedia, Fan Page FB : kitamudamedia.redaksi, IG : kitamudamedia.redaksi, Youtube : kitamudamedia official                                   Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1442 H                         

Kopkar Pupuk Kaltim Siap Bertransformasi Menuju Koperasi Digital dan Modern, “Hari Koperasi Nasional Ke-74 Tahun 2021”

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Selama 37 tahun berkiprah, Koperasi Karyawan PT Pupuk Kalimantan Timur (Kopkar PKT) kian maju dan berkembang, dari awal hanya memfasilitasi kebutuhan sembako dan simpan pinjam anggota di beberapa unit kerja Perusahaan. Sayap bisnis semakin melebar, dengan keanggotaan yang terus meningkat, seiring reputasi dan kepercayaan dari internal maupun eksternal Perusahaan.

Kopkar PKT kini menjadi salah satu dari 100 koperasi terbaik di Indonesia, dengan beragam usaha seperti swalayan, simpan pinjam, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), suplai barang dan jasa, penyewaan kendaraan, hingga pujasera untuk memfasilitasi UKM Bontang. Hal itu tidak terlepas dari tangan dingin pengurus sejak periode pertama berdiri pada 22 Juni 1984, yang berkomitmen memberi kemudahan dan manfaat bagi seluruh anggota hingga masyarakat.

Komitmen tersebut sekaligus menjadi prinsip Kopkar PKT, yang diimplementasikan di seluruh unit usaha, mulai dari simpan pinjam dengan persyaratan tanpa ribet, hingga fasilitas swalayan dan SPBU yang semakin prima dari tahun ke tahun. Bahkan SPBU Kopkar PKT menjadi salah satu stasiun bahan bakar dengan penjualan terbesar dan terbaik di Kaltim-Kaltara, khususnya pada sektor BBM non subsidi. “SPBU kami juga meraih predikat PASTI PAS GOOD satu-satunya di Bontang, berdasarkan audit berkala Pertamina,” ujar Ketua Umum Kopkar PKT Partono.

Predikat PASTI PAS GOOD melihat kecepatan layanan yang diberikan, fasilitas di atas rata-rata, kepastian takaran BBM sesuai standar, hingga digitalisasi sistem, mulai pengiriman dan penjualan, transaksi, serta monitoring proses secara realtime. Hal ini sejalan dengan semangat Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) 2021, yang mengusung tema “Digitalisasi Menuju Koperasi Modern”, dengan menciptakan pelayanan dan kemudahan secara optimal. “Pengembangan berbasis digital tak hanya di SPBU, tapi juga unit usaha lainnya. Sistemnya sedang kita bangun, agar seluruhnya bisa terintegrasi,” tandas Partono.

Baca Juga  BKPSDM Gandeng Disdukcapil untuk Akurasi Data Kepegawaian

Tahun ini menjadi tonggak rintisan Kopkar PKT menuju digital, diawali pelaporan keuangan dan transparansi pergerakan bisnis secara daring kepada anggota, order dan pre order, hingga peningkatan fasilitas serta pelayanan berbasis online untuk setiap unit usaha. Beragam platform juga tengah disiapkan, baik untuk simpan pinjam, pembelian, serta sistem pembayaran di swalayan.  Begitu juga selama pandemi Covid-19, Kopkar PKT memfasilitasi pesanan konsumen seluruh UKM yang terakomodasi di pujasera dengan satu admin untuk beragam orderan.

“Meski hasilnya tidak langsung signifikan, tapi upaya itu kita lakukan agar sektor UKM tetap berjalan. Nanti jika platformnya sudah ada, baru kita terapkan berbasis aplikasi,” terang Partono.

SPBU Koperasi PKT Bontang

Membangun sistem digital yang terintegrasi diakui Partono bukan hal mudah, namun dirinya optimis mampu mewujudkan tantangan itu, mengingat inovasi dan teknologi menjadi salah satu kunci perkembangan bisnis masa kini. Apalagi dukungan pengurus dan seluruh anggota, mendorong pihaknya untuk terus berbuat dan berinovasi demi pengembangan koperasi.

“Kini hampir semuanya digital, jadi kita harus menyesuaikan agar koperasi ke depan semakin maju dan berkembang. Makanya semua kita siapkan, termasuk SDM untuk pengelolaan sistem dan operasionalnya,” lanjut Partono.

Memiliki 2.788 anggota aktif dengan total aset senilai Rp237,09 Miliar, Kopkar PKT dipastikan Partono siap bertransformasi menjadi koperasi yang maju dan modern dengan beragam terobosan, agar sektor usaha kian berkembang, serta mampu memberi manfaat optimal kepada anggota dan masyarakat di segala bidang.

“Secara bisnis, kami akan terus melirik sektor yang berpotensi berkembang ke depannya. Upaya terdekat adalah meningkatkan status SPBU menjadi PASTI PAS EXCELENT dengan peningkatan pelayanan, penjualan, serta fasilitas, ditambah usaha penunjang untuk non fuel retail, agar kawasan SPBU itu nantinya menjadi sentra bisnis Kopkar PKT,” pungkas Partono.

Baca Juga  Majelis Hakim Tolak Eksepsi Terdakwa Basir 

Tentang Pupuk Kaltim

Pupuk Kaltim merupakan salah satu anak perusahaan BUMN PT Pupuk Indonesia (Persero) dan menjadi produsen pupuk Urea terbesar di Indonesia. Pupuk Kaltim memiliki visi menjadi perusahaan di bidang industri pupuk, kimia dan agribisnis kelas dunia yang tumbuh dan berkelanjutan. Saat ini, Pupuk Kaltim memiliki 5 unit pabrik Urea,

5 unit pabrik Amoniak dan pabrik NPK. Pupuk Kaltim memproduksi dan mendistribusikan Urea Pupuk Indonesia (subsidi) dan Urea Daun Buah (non subsidi), NPK Formula Khusus (subsidi), NPK Pelangi (non subsidi), serta Ecofert, Biodex, Biotara, BioSalin dan BioLK (pupuk hayati). Pupuk Kaltim bertanggungjawab mendistribusikan pupuk subsidi di pulau Kalimantan dan Sulawesi. Kinerja Pupuk Kaltim telah diakui oleh berbagai instansi melalui beragam penghargaan, hingga skala internasional. (Humas PKT)

Editor : Redaksi KMM

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply