Vaksinasi Tahap I dan II Kaltim Masih Rendah

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Pelaksanaan vaksinasi di Kalimantan Timur hingga Juli ini masih sangat rendah, baik vaksinasi tahap satu maupun tahap dua.

Diakui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Prov Kaltim Dr HM Jauhar Efendi, bahwa rendahnya realisasi vaksinasi sebab jumlah vaksin yang didistribusikan ke Benua Etam memang sangat terbatas.

Dampaknya, lanjutnya, warga sasaran vaksin tidak mencukupi target vaksinasi untuk tahap pertama dan tahap kedua.

“Jangkauan vaksinasi tahap pertama sekitar 16 persen lebih. Dan, vaksinasi tahap kedua hanya 9 persen lebih,” sebut Jauhar Efendi usai Rapat Koordinasi Penanganan PPKM Level IV di Luar Jawa Bali secara virtual di Ruang Heart of Borneo, Kantor Gubernur Kaltim, Sabtu, 24 Juli 2021.

Data tersebut ujar mantan Kepala Biro Humas Setda Prov Kaltim, sesuai informasi Dinas Kesehatan Kaltim yang diberi kewenangan menerima distribusi vaksin di daerah, selanjutnya membagikan ke kabupaten dan kota se Kaltim.

Namun, tambahnya, sesuai hasil rapat dengan Presiden Joko Widodo bersama para menteri terkait, Gubernur Isran Noor sudah menyampaikan dan bersurat ke Menteri Kesehatan atas kekurangan ketersediaan vaksin dan meminta agar segera dipenuhi.

“Terlebih lagi, saat itu tiga daerah (Balikpapan, Berau dan Bontang) masuk penerapan PPKM level 4, sedangkan Samarinda masuk tapi tidak disebutkan dalam Inmendagri, tertanggal 20 Juli 2021,” jelasnya.

Tapi sekarang ungkapnya, di Kaltim menjadi 8 daerah, selain Balikpapan, Berau, Bontang dan Samarinda, ada Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Kutai Timur dan Penajam Paser Utara yang masuk level 4.

“Bukan kita mau atau tidak menyalurkan vaksin ke masyarakat. Tetapi memang vaksinnya kurang, bahkan tidak ada. Kita masih menunggu distribusi dari pusat,” ujarnya.

Jauhar menambahkan sesuai perintah Presiden Jokowi, maka daerah zona merah masuk level 4, wajib prioritas mendapatkan vaksin, termasuk Kaltim dengan 40 kabupaten/kota tersebar di 20 provinsi lainnya. (yans/sdn/humasprovkaltim)

Baca Juga  BW Ajak Pramuka Jaga Solidaritas

Editor : Redaksi KMM

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply