Tersedia 3000 Dosis Vaksin Rabies Gratis untuk Hewan Peliharaan, Jenis Kucing, Anjing dan Monyet

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Ternyata hewan peliharaan juga perlu divaksin. Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Bontang tengah gentar mengajak para pemilik hewan peliharaan, jenis kucing, anjing dan monyet untuk memberikan vaksin rabies agar hewan yang mereka rawat terhindar dari penyebaran penyakit tersebut. Tersedia 3000 dosis vaksin yang diberikan secara gratis.

Kasi Pelayanan Kesehatan Hewan DKP3 Bontang, Riyono menjelaskan pemberian vaksin anti rabies bertujuan agar hewan peliharaan masyarakat terhindar dari penyakit. Selain itu untuk memberikan perlindungan kepada manusia dari dampak gigitan hewan penular rabies.

“Sebelum vaksinasi rabies disuntikkan, hewan peliharaan terlebih dahulu di screening (pemeriksaan kesehatan). Kalau hamil, sakit, kurang makan itu tidak boleh divaksin rabies dulu,” jelas Riyono. Selasa (10/08/2021).

Sementara itu, Riyono juga mengungkapkan jika tahun sebelumnya pihaknya menggelar vaksinasi secara door to door. Namun tahun ini pelaksanaannya di setiap kelurahan yang ada di Kota Bontang dan satu kelurahan dijadwalkan dua hari penyuntikan.

“Dengan pertimbangan Covid-19 dan banyak yang isolasi mandiri (isoman) jadi resikonya besar. Jadi kita lakukan di kelurahan saja dengan protokol kesehatan yang ketat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ia mengatakan pihaknya mentargetkan penyuntikan 1000 dosis per bulan.

“Kalau nantinya dalam waktu satu bulan telah mencukupi masyarakat tetap boleh melakukan vaksinasi pada hewan peliharaan tetapi di Puskeswan bukan di kelurahan lagi,” pungkasnya.

Reporter : Lia Dewa
Editor : Kartika Anwar

Baca Juga  Dewan Keluhkan Kondisi Gudang Farmasi Kesehatan

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply