Dinkes akan Vaksin 1.700 Bumil, Minimal Usia Kandungan 13 Minggu

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bontang akan memberikan vaksinasi bagi 1.700 ibu hamil (bumil) dalam waktu dekat. Tetapi, hanya yang memenuhi persyaratan.

Kepala Dinkes Bontang, Bahauddin mengatakan nantinya 1.700 ibu hamil akan divaksin secara bertahap di 6 fasilitas kesehatan yang telah disediakan. Syaratnya kandungan minimal 13 minggu. Ibu hamil yang memiliki komorbid harus mendapat surat keterangan rekomendasi dari dokter kandungan.

“Yang jelas dari Dinkes siap kapan saja untuk pelaksanaan penyuntikan, kami sudah rapat dengan DPPKB bersama kader posyandu, karena mereka nantinya yang akan memobilisasi ibu-ibu hamil untuk divaksin,” kata Bahauddin saat dikonfirmasi melalui telepon, Senin (6/9/2021).

Sementara itu, pihaknya sudah menyiapkan stok vaksin tahap pertama sebanyak 300 dosis.

“Nanti tahap pertama setiap faskes menyasar 50 orang, teknisnya dilakukan oleh Dinkes,” pungkasnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Bontang Bahtiar Mabe, menjelaskan jika saat ini tengah melakukan koordinasi kepada kader PPKBK dan sub PPKBK.

Nantinya, kader yang berada di setiap RT akan diberikan tugas pendampingan bagi setiap ibu hamil saat mengunjungi 6 Fasilitas Kesehatan yang disediakan.

“Para kader ini lah yang akan memobilisasi ibu hamil untuk melakukan penyuntikan vaksin,” jelasnya.

Reporter : Lia Dewa
Editor : Kartika Anwar

Baca Juga  Konversi Motor Listrik Dapat Subsidi Rp 5 Juta, Ini Bengkel yang Sudah Diakui

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply