Kesetaraan Pendidikan Daerah Terpencil, Disdik Pemprov Siapkan Program Distance Learning

KITAMUDAMEDIA, Samarinda – Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) terus berupaya memberikan pendidikan berkualitas dan merata, menyasar seluruh wilayah Kota hingga pelosok di Kaltim. Salah satunya melalui program unggulan distance learning atau pembelajaran jarak jauh.

Kepala Disdik Kaltim, Anwar Sanusi menjelaskan pihaknya konsen memperhatikan kualitas pendidikan di daerah terpencil agar setara dengan sekolah – sekolah di pusat kota. Program distance learning dijalankan menggunakan metode belajar jarak jauh. Guru dari sekolah unggulan di Kota akan mengajar di sekolah terpencil melalui daring.

“ Misalnya guru dari sini (Samarinda) mengajar ke sekolah lain. Distance learning itu, murid berkumpul di sana (sekolah daerah terpencil) diajar dari sini (Samarinda), terus guru yang disana mendampingi murid sebagai mentor. Jadi murid dapat pelajaran , gurunya juga dapat ilmu dari guru yang mengajar daring, dan itu interaktif,” jelasnya saat ditemui redaksi kitamudamedia.com di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Ditanya soal ketersediaan sarana dan prasarana distance learning, Anwar memastikan tak ada kendala berarti. Pasalnya saat ini, hampir seluruh daerah di Kaltim sudah memiliki akses internet. Selain itu, pihaknya tengah menyiapkan program satu guru satu laptop, satu siswa satu android.

“ Untuk memperkuat jaringan internet, kita nambah bandwith di daerah – daerah blind spot. Selanjutnya Program satu guru satu laptop, satu siswa satu android, juga sedang kita siapkan,” tambah Kadisdik Kaltim.

Diakui Anwar beberapa daerah pedalaman memang belum mendapatkan pendidikan setara dengan sekolah – sekolah di kota. Misalnya Long Apari dan Barong Tongkok yang tadinya belum dapat mengakses internet sekarang bisa.

“ Masih banyak memang sekolah yang sulit di akses internet, tapi sekarang sudah bisa, seperti Long Apari dan Barong Tongkok bisa, sekarang hanya kelengkapan Sarpras yang kita siapkan ,” ungkap Anwar sambil mencoba menghubungi guru di daerah terpencil.

Baca Juga  Sopir Travel Diminta Sediakan Disinfektan Dalam Mobil

Anwar berharap dengan program unggulan tersebut, seluruh daerah di Kaltim dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah masing – masing. (Redaksi KMM)

Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply