Jalan MT Haryono Dipasang Kamera Tilang Elektronik, Diskominfo : Uji Coba

KITAMUDAMEDIA, Bontang –  Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bontang, memasang kamera sensor Electronic Traffic Law atau ETLE, di Jalan MT. Haryono, Bontang Utara, tepatnya di depan Detasemen Rudal 002, pada Jumat (24/12/2021) lalu.

Kepala Diskominfo Bontang, Dasuki mengatakan kamera tersebut diperuntukkan sebagai alat sensor tilang elektronik yang dapat mendeteksi otomatis pengendara yang melintas. 

“Namun, pemasangan ETLE ini masih tahap uji coba,” kata Dasuki kepada awak media, Senin (27/12/2021).

Penggunaan ETLE ini digadang-gadang akan menunjang pelaksanaan tilang elektronik yang bakal difungsikan Satlantas Polres Bontang. 

Untuk itu, kata Dasuki, kedepan jika uji coba itu berhasil, kamera yang sama akan di pasang di beberapa titik di ruas jalan protokol.

“Kita belum koordinasi karena masih kita uji. Kalau maksimal, nanti kita minta Satlantas untuk tentukan lokasi yang dinilai rawan pelanggaran lalu lintas,” ungkapnya.

Dijelaskan Dasuki, penggunaan alat ini masih banyak terdapat kendala lantaran keterbatasan anggaran. Misalnya untuk pemasangan ETLE harus menggunakan tiang khusus dan menggunakan jaringan listrik serta internet sendiri. 

“Anggaran sekarang yang diberikan tim anggaran hanya 200 juta, bisa dikatakan baru 50 persen dari kebutuhan pemasangan ETLE,” sebutnya. 

Dikonfirmasi terpisah, Kasat lantas Polres Bontang, AKP Edy Haruna mengaku belum mengetahui adanya pemasangan sensor ETLE. 

“Belum ada informasi, saya tidak tahu kalau ada ETLE yang dipasang,” bebernya. 

Reporter : Muh Ridwan

Editor : Kartika Anwar

Baca Juga  Cara Cepat dan Mudah Pengurusan NIB di DPMPTSP Kota Bontang

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply