Dinas Lingkungan Hidup Usulkan Penambahan Tiga Truk Konvektor

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bontang mengusulkan penambahan truk konvektor sebagai armada pengangkut sampah.

Kepala DLH Bontang, Heru Triatmojo mengatakan pengusulan ini dilakukan karena sebagian armada pengangkut sampah dan penunjang kebersihan sudah tidak layak dan butuh peremajaan. 

“Saat ini kami memiliki 11 unit truk sampah, tiga unit Arm Roll dan dua unit pikap. Bisa dibilang yang layak dan tidak layak fifty-fifty (50:50),” ungkapnya, Rabu (2/2/2022).

Dijelaskan Heru,  pengadaan tiga armada itu harusnya bisa terealisasi. Sebab tahun lalu Bontang berhasil mendapat kucuran Dana Insentif Daerah (DID) dari pemerintah pusat sebanyak Rp 4,8 miliar. Ini berkat Kota Taman meraih predikat sebagai Kota Peduli Sampah.

“Jadi tidak pakai APBD. Apalagi kita (Bontang) sudah meraih penghargaan Clean Land tingkat ASEAN. Jadi minimal harus punya konvektor,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ia menuturkan jika truk konvektor dimaksud ialah yang berfungsi sebagai pengepres sampah. Kelebihan lainnya truk konvektor itu yakni lebih ramah lingkungan, lebih efektif dan efisien, serta mengurangi dampak bau tak sedap jika dibandingkan dengan truk terbuka biasa.

”Di PT Badak dan PKT sudah pakai itu. Harapan kami maunya bisa direalisasikan tiga unit. Tetapi kalau tidak bisa (akibat keterbatasan anggaran) ya satu atau dua unit dulu,” pungkasnya.

Reporter : Lia Dewa

Editor : Kartika Anwar

Baca Juga  Pengumuman Hasil Seleksi Calon Pengawas TPS Bontang Barat

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply