Buaya Terkam Warga Bontang Kuala, BKSDA : 1×24 Jam, Tim Turun ke Lokasi Kejadian

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Serangan predator buaya kembali berulang, kali ini warga Bontang Kuala yang menjadi korban.

Menanggapi hal itu Kepala Seksi Wilayah II Tenggarong, Kutim dan Bontang, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim Suryadi mengaku akan menurunkan tim untuk mengidentifikasi penyebab serangan buaya tersebut.

“Dalam 1×24 jam ini kami akan turun menanggapi laporan yang masuk,” ucapnya saat dikonfirmasi Kitamudamedia.com, Kamis 3 Maret 2022.

Menurutnya langkah yang akan diambil adalah merelokasi buaya tersebut ke habitat alaminya. Selain itu pihaknya juga akan memasang plang peringatan agar warga sekitar lebih berhati-hati.

Lantaran ia mengaku wilayah pesisir Bontang, memang lekat dengan habitat dari buaya.

“Ini jenis buaya muara yang sering kali menyerang, rata-rata habitatnya daerah pesisir yang ada terhubung dengan sungai,” terangnya.

Ia pun menduga penyebab serangan ini dilatari kurangnya makan di habitat alaminya, yang akhirnya keluar sampai ke pemukiman masyarakat.

“Kalau kita lihat dari kasus kasus sebelumnya, dugaan saya mengarah ke kurangnya makanan di habitatnya aslinya,” bebernya.

Disinggung soal penangkaran. Suryadi berpendapat Pemerintah Kota dapat mengajukan penangkaran itu ke Kementerian Kehutanan atau warga secara pribadi .

Jika dianggap hal tersebut menjadi solusi. Pasalnya Kementerian lah yang punya kewenangan untuk mengeluarkan izin.

“Kalau memang solusi ada, pemda menginginkan ada penangkaran itu bisa mengarah langsung ke Kementerian Kehutanan,” pungkasnya.

Reporter : Muh Ridwan

Editor : Kartika Anwar

Baca Juga  Tunjuk Kepala Bakesbangpol yang Baru, Basri: Jangan Berpolitik, Kerja Saja Sesuai Tupoksi

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply