Malam Ini Ada Fenomena Bulan Hitam di Indonesia, Waspada Air Laut Pasang

KITAMUDAMEDIA – Fenomena Black Moon atau Bulan Hitam akan terjadi di Indonesia pada Senin (30/5/2022) pukul 18.30 WIB malam. Peneliti di Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang mengatakan, ini merupakan fase Bulan baru kedua dalam satu bulan masehi yang sama.

“Hari ini, tepatnya malam nanti pukul 18.30 WIB akan terjadi Bulan Hitam,” kata Andi saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (30/5/2022).

Menurutnya, fenomena ini cukup sering terjadi, yaitu setiap 29 bulan sekali. Hal ini disebabkan oleh umur bulan Masehi selain Februari lebih panjang dibandingkan dengan durasi siklus sinodis bulan, sementara Bulan baru pertama di dalam bulan Masehi jatuh di awal bulan.

“Sebelumnya pernah terjadi di Indonesia pada 31 Oktober 2016 dan 30 Agustus 2019. Fenomena ini akan terjadi kembali pada 31 Desember 2024 dan 30 September 2027 mendatang,” jelas dia.

Tahun ini, fenomena Bulan Hitam juga sebenarnya terjadi di Amerika Serikat pada akhir Januari 2022.

Andi menjelaskan, perbedaan ini dikarenakan zona waktu yang digunakan berbeda-beda di setiap tempat.

Selain itu, jatuhnya fase Bulan baru untuk setiap lunasi juga berbeda-beda.

“Sehingga, ada wilayah yang mengalami Bulan Hitam Tripel, ada wilayah yang mengalami Bulan Hitam Ganda dan ada wilayah yang hanya mengalami Bulan Hitam sekali saja,” ujarnya.

Ia menuturkan, fenomena Bulan Hitam tidak bisa dilihat secara kasat mata. Sebab, formasi Bumi-Bulan-Matahari terlihat satu garis lurus jika diamati di atas kutub.

Dengan begitu, permukaan Bulan yang menghadap Bumi tidak terkena cahaya Matahari, sehingga tampak gelap.

“Setiap 2 hingga 5 kali setahun, konfigurasi ini bertepatan dengan ketika Bulan berada di titik simpul orbit,” kata dia.

Baca Juga  Tak Cukup Bukti, Sopir Bus Tabrakan Maut Hanya Wajib Lapor

“Sehingga, bayangan Bulan jatuh ke permukaan Bumi dan mengakibatkan Gerhana Matahari,” sambungnya.

Seperti fase Bulan baru pada umumnya, Andi menyebut fenomena Bulan Hitam dapat mengakibatkan naiknya pasang laut dibandingkan hari-hari lainnya.

Bahkan, pasang air laut pada malam nanti berpotensi lebih tinggi dibandingkan saat Bulan baru.

“Kombinasi badai laut yang menyebabkan swell atau alun dan ditambah dengan efek astronomis dari fase Bulan baru, dapat menyebabkan air pasang bisa lebih tinggi dibandingkan saat terjadi badai laut saja atau saat Bulan baru atau purnama saja,” tuturnya.(Kompas)

Editor : Redaksi KMM

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply