Ini Layanan Daftar Online Member Perpustakaan Bontang dan Antar Jemput Buku Gratis, Pembaca Duduk Manis di Rumah

KITAMUDAMEDIA,Bontang – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Pemerintah Kota Bontang menyediakan 57 ribu judul buku yang bisa dibaca oleh masyarakat Bontang, serta berbagai fasilitas perpustakaan demi kenyamanan pembaca sehingga meningkatkan minat baca.

Kepala Bidang Perpustakaan Daerah dan Kearsipan, Alfrita Sande mengatakan minat baca di Perpustakaan Kota Bontang mengalami peningkatan di tahun 2022 karena, jika dibanding 2 tahun kebelakang, karena kondisi pandemi covid-19 sehingga pelayanan tidak maksimal dalam pelayanan.

“Awal tahun 2022 kami mencoba untuk membuka kembali pelayanan dengan prokes. tentunya juga Dispusip terus memberikan informasi kepada masyarakat melalui media dan surat kepada sekolah, kelurahan, bahwa sudah boleh melakukan perkunjungan dengan persyaratan prokes,” ucapnya saat ditemui redaksi kitamudamedia.com, Jumat (08/09/2022).

Ia menuturkan triwulan kedua tahun ini (2022) peningkatannya luar biasa. Perpustakaan kota Bontang juga membuka pelayanan pada akhir pekan, Sabtu – Minggu sejak Juli 2022. Sebelumnya hanya Senin – Jumat saja di pagi hari, kemudian Agustus Dispusip mulai membuka pelayanan malam.

“Pelayanan pagi, Senin – Minggu dan pelayanan malam, Senin – Kamis. Banyak permintaan dari masyarakat khususnya yang bekerja dan sekolah tidak bisa menyempatkan waktunya untuk ke perpustakaan kecuali hari weekend,” tuturnya.

Untuk masyarakat yang ingin berkunjung, wajib menjadi member perpustakaan. Cara daftarnya mudah, bisa melalui online dengan mengakses link berikut : https://s.id/Daftar-Anggota-Perpusda atau melalui Pelayanan Dikta, memberikan pelayanan prima untuk masyarakat Kota Bontang dengan antar jemput untuk peminjaman buku melalui kontak 0822-4989-6919.

“Kalau sebelumnya harus datang ke perpustakaan dan membawa berbagai persyaratan, tapi kami mencoba untuk memberikan fasilitas yang memudahkan masyarakat untuk menjadi member, sehingga kami membuat link pendaftaran secara online, dan kalau tidak mempunyai waktu bisa kami antarkan dan kalau tidak bisa mengembalikan kami siap untuk menjemput kembali mengambil buku yang dipinjam ” sebutnya.

Baca Juga  Drainase Sepanjang 800 Meter di Jalan R. Suprapto Mulai Diperbaiki

Alfrita menyampaikan, Perpustakaan Daerah dan Kearsipan (Dispusip) mempunyai istilah wisata literasi untuk tingkat TK dan Paud, jadwalnya, Senin – TK dan Paud, Selasa – SD, Rabu – SMP,Kamis – SMA, pukul 09.00 – 11.00 Wita. Perpustakaan Kota Bontang juga menyiapkan layanan bermain, orang tua dan anaknya datang ke perpustakaan bermain dan sambil belajar.

“Paling ramai itu juga hari Sabtu Minggu, biasanya pengunjung datang 1 keluarga mereka berwisata,”pungkasnya.

Dinas Perpustakaan Daerah dan Kearsipan juga mempunyai ruang multimedia seperti bioskop mini untuk sekolah yang wisata literasi akan tetapi khusus kunjungan atas nama sekolah dan sesuai jadwal.

Reporter : Amel
Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply