SDN 011 BS Olah Tanaman Pegagan jadi Keripik dan Jamu

KITAMUDAMEDIA,Bontang – Sekolah Dasar 011 Bontang Selatan (BS) mengolah tanaman pegagan menjadi penganan keripik dan minuman jamu. Kegiatan produksi tumbuhan liar tersebut dilakukan siswa / siswi sebagai salah satu pelajaran praktik di sekolah.

Kepala Sekolah SDN 011 Bontang Selatan, Koriyatin mengatakan pengelolaan tumbuhan pegagan ini menjadi salah satu praktik siswa/siswi SDN 011. mereka diajarkan cara pengolahannya dengan campuran beberapa bahan dan juga takarannya sehingga menjadi keripik dan jamu.

“Anak-anak ini sudah terlatih, mereka juga praktikkan langsung dirumah masing-masing dengan cara olahan yang sudah kami ajarkan,”pungkasnya.

Ditambahkan Koriyatin, ide awalnya karena banyak ditemukan pegagan di sekitar lingkungan sekolah, tepatnya di lahan milik salah satu warga RT 52 Kelurahan Berebas Tengah.

“Tanaman pegagan sejenis tanaman liar yang merambat di kawasan perairan ini ternyata mempunyai kaya manfaat. Maka, kami menjadikan olahan makanan keripik dan minuman jamu, bisa dikonsumsi dan berkhasiat,” jelasnya.

Hasil olahan tersebut, kini bisa dinikmati, bahkan menjadi sajian dan cinderamata setiap kali ada tamu yang berkunjung ke sekolah. Namun belum diperjual belikan.

“Saat ini produk kami belum untuk konsumsi keluar karena harus memerlukan izin terlebih dahulu dan secara umum bahwa sekolah kami sudah berlabel Adiwiyata, jadi masih untuk tamu saja,”tuturnya.

Diketahui, SD Negeri 011 BS merupakan salah satu sekolah Adiwiyata yakni sekolah yang peduli lingkungan sehat, bersih serta lingkungan.

“Sebelumnya lokasi ini sudah dilakukan survey sejak 2019 dan kami pihak sekolah sudah meminta izin dan sudah mendapatkan izin, akhirnya kami mengambil di kawasan lahan warga Kelurahan Berebas Tengah. Di daerah ini ada potensi sumber daya lingkungan yaitu kami menemukan tanaman pegagan sejenis tanaman liar yang ternyata mempunyai khasiat,”ucapnya saat ditemui redaksi kitamudamedia.com Sabtu (17/09/2022).(ADV/DISDIKBUDKALTIM)

Baca Juga  Pria 30 Tahun Diringkus Polisi Saat Edarkan Sabu di Berbas Tengah 

Reporter : Amel
Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply