Kemendikbud Ristek Ungkap Alasan Ubah Mekanisme Seleksi Masuk PTN 2023

KITAMUDAMEDIA – Kepala Badan Standarisasi Kurikulum Asesmen Pendidikan (BSKAP), Kemendikbud Ristek Anindito Aditomo (Nino) mengungkap alasan perubahan mekanisme seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) pada 2023.

Saat ini, masuk PTN di bawah naungan tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). Sebelumnya dikerjakan oleh Lembaga Tes Masuk Pergiruan Tinggi (LTMPT).

Pelaksanaan SNPMB, kata dia, sebagai dorongan atas upaya transformasi pembelajaran yang selaras dengan pendidikan dasar dan menengah.

Pendidikan dasar dan menengah sendiri berorientasi pada kecakapan dasar yang berpusat pada literasi, numerasi, dan daya nalar.

“Jadi ini relevan dengan kesiapan belajar di semua program studi (Prodi) di pendidikan tinggi,” ucap dia di Gedung Kemendikbud Ristek, seperti diberitakan Jumat (2/12/2022).

Dia menekankan, pembelajaran di tingkat menengah harus holistik.

Maka dari itu, skema seleksi masuk PTN yang baru di jalur prestasi semua nilai mata pelajaran diberikan penilaian.

Dia berharap siswa mengerti bahwa semua mata pelajaran itu penting.

“Ini juga memberi pesan ada mata pelajaran yang harus didalami khusus oleh tiap calon mahasiswa,” jelas pria yang akrab disapa Nino ini.

Tak lupa transformasi seleksi masuk PTN yang baru ini juga memiliki tujuan, agar calon mahasiswa bisa mencium minat bakat yang mereka miliki.

Jadi calon mahasiswa bisa merancan studi dengan aspirasi, karier, dan minat bakat mereka sendiri,” tegas dia.

Sebagaimana diketahui, sistem seleksi masuk PTNtahun 2023 diselenggarakan oleh tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB)

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, terdapat 3 (tiga) jalur masuk, yaitu:

  • Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).
  • Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).
  • Jalur Seleksi Mandiri.
Baca Juga  Harga Minyak Goreng Stabil Mahal, Emak - emak Menjerit, Tukang Gorengan Naikan Tarif

SNBP dan SNBT sepenuhnya dipersiapkan oleh tim SNPMB. Sedangkan jalur Seleksi Mandiri dikelola sepenuhnya oleh PTN masing-masing.(Kompas)

Editor : Redaksi KMM

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply