Waspada, Suara Mendadak Serak Bisa Jadi Gejala Kanker Mulut

KITAMUDAMEDIA – Waspada kalau ternyata suara kamu mendadak serak. Bisa jadi bukan sekadar batuk biasa tapi penyakit lain yang mungkin lebih mematikan seperti kanker. 

Rupanya, memiliki suara serak merupakan gejala umum lainnya dari kanker mulut, yang kini kasusnya sedang meningkat di Inggris.

Menurut Cancer Research UK, pengidap kanker mulut akan membuat suaranya menjadi lebih serak atau lebih pelan, hampir terdengar seperti seseorang yang sedang flu, terutama jika kanker berada di dekat bagian belakang tenggorokan.

Ternyata gejala tersebut bisa menjadi tanda adanya kanker hipofaring atau kanker yang menyerang tenggorokan bagian bawah, tepatnya batasan antara trakea dan laring.

Pasalnya, tingkat kasus kanker mulut telah meningkat dua kali lipat pada generasi terakhir dengan 8.864 kasus yang didiagnosis tahun lalu.

Mengutip The Sun, sebanyak 3.034 orang di Inggris kehilangan nyawanya diakibatkan oleh kanker mulut di tahun lalu, yang telah naik sebanyak 20 persen dalam lima tahun terakhir.

Dokter sekaligus Kepala Eksekutif Oral Health Foundation Nigel Carter mengatakan bahwa penting bagi masyarakat untuk mengenali tanda-tanda dari kanker mulut dan segera menemui dokter saat mendeteksi sesuatu yang tidak beres.

Pada umumnya, terdapat tujuh gejala umum kanker mulut yang harus diwaspadai, di antaranya:
– Sariawan yang tidak kunjung sembuh
– Rasa sakit di mulut
– Bercak merah atau putih di mulut atau tenggorokan
– Kesulitan menelan
– Benjolan di leher
– Penurunan berat badan
– Bau mulut

“Diagnosis kanker mulut yang terlambat menjadi terlalu umum, dan ini akan berdampak parah pada kualitas hidup seseorang dan peluang mereka untuk bertahan hidup,” kata Catherine Rutland, dokter sekaligus Direktur Klinis di Denplan.(CNN)

Baca Juga  Ponsel Meledak Saat Dicas Bakar Rumah di Tasikmalaya, Ibu dan Anak Luka Parah

Editor : Redaksi KMM


Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply