Awesome Logo
Tersedia ruang iklan, informasi hubungi 08125593271                    Segenap Pimpinan dan Redaksi Kita Muda Media Mengucapkan Marhaban ya... Ramadhan 1442 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin                    Patuhi Protokol Kesehatan dan Jaga Imunitas                    Follow Medsos KITAMUDAMEDIA FB : kitamudamedia, Fan Page FB : kitamudamedia.redaksi, IG : kitamudamedia.redaksi, Youtube : kitamudamedia official                                   Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1442 H                         

Dapat Dispensasi, Jumlah Penumpang Kapal di Libur Nataru Tembus 2.230

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Momentum libur natal dan tahun baru (nataru) dimanfaatkan warga Bontang dan sekitarnya untuk menuju kampung halaman mereka. Terbukti dari tiga keberangkatan jumlah penumpang mengalami lonjakan signifikan. Totalnya mencapai 2.230 penumpang.

Kepala PT Pelni Cabang Samarinda Syarif Hidayat mengungkapkan bahkan ada keberangkatan yang menembus kapasitas kapal di waktu normal. Namun demikian Kementerian Perhubungan telah mengeluarkan surat dispensasi penambahan kapasitas penumpang saat nataru. Tertuang dalam surat bernomor UM.209/5/5/DK/2022. Tertanggal 16 Desember lalu.

“Jadi untuk KM Binaiya menjadi 1.624 kapasitasnya. Dari 962 kapasitas awal. Untuk KM Egon di angka 616, sebelumnya 544 penumpang,” ungkapnya.
Ia merincikan untuk keberangkatan 23 Desember lalu total penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Loktuan yakni 473. Rinciannya 457 kategori dewasa dan 16 bayi. KM Egon tujuan Pare-Pare ini sandar pukul 20.30. Namun kapal tidak langsung berangkat kurun empat jam kemudian. Pasalnya kondisi air laut mengalami pasang. Sehingga membutuhkan waktu karena kapal juga mengangkut angkutan kendaraan.
“Kapal berlayar pada 02.05 setelah seluruh angkutan bisa masuk dek kapal,” terangnya.

Sehari kemudian KM Binaiya berlabuh dan mengangkut 613 penumpang. 587 penumpang kategori dewasa dan 26 bayi. Kapal ini hanya melayani rute pendek yakni Bontang-Awerange. Sebelumnya PT Pelni mengimbau kepada penumpang jelang nataru agar menggunakan keberangkatan ini. Lantaran dua keberangkatan lainnya sudah overload.
Terakhir ialah keberangkatan 26 Desember yakni KM Binaiya. Kali ini kapal berlayar rute panjang mulai Awerange-Makassar-Labuan Bajo-Bima-Tanjung Benoa. Jumlah penumpang yang terangkut ialah 1.144.

Meski terjadi lonjakan penumpang tetapi situasi di pelabuhan tidak semrawut. Pasalnya petugas melakukan pengaturan. Sebagian calon penumpang diarahkan masuk ruang tunggu. Tujuannya tidak menumpuk semuanya di lobi pelabuhan.
“Dispensasi ini nanti juga masih berlaku di arus balik nataru,” pungkasnya. ( Redaksi )

Baca Juga  Mediasi Buntu, Sidang Gugatan Raking Dilanjutkan

Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply