Terminal Bontang Bakal Direnovasi, Dikucur Rp 16,1 Miliar dari APBD Kaltim

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Kondisi infrastruktur di Terminal Bontang sungguh ironi. Pasalnya bangunannya sudah terlalu tua dan terkesan kotor. Apalagi loket penjualan karcis yang ada di tengah area.

Pada tahun ini bangunan tersebut bakal bersolek. Setelah Pemprov Kaltim mengalokasikan anggarannya sebesar Rp 16,1 miliar. Rencananya proses lelang akan dimulai pada bulan depan.

Kepala Dinas Perhubungan Akhmad Soeharto membenarkan mendapatkan informasi terkait rencana pembangunan ulang ini. Tetapi ia tidak mengetahui perses terkait konsep bangunannya ke depan.

“Itu ranahnya provinsi,” sebutnya.

Konon renovasi akan bersifat total. Mulai dari akses masuk, sarana penunjang, hingga bangunan utama terminal. Nantinya bangunan utama terminal terdiri dari dua lantai. Kantor bakal terpusat di tengah lahan. Kemudian di lantai dua akan dibuat tempat kuliner. Sehingga calon penumpang busa menunggu bus di fasilitas tersebut.

Konsep ini mengacu hasil studi perencanaan tahun lalu. Beberapa ketentuan seperti sirkulasi kendaraan dan penumpang juga diatur. Saat ini, atap kerap bocor saat hujan dan berpotensi roboh. Termasuk sarana penerangan juga masih belum memadai.

Terkait lahan, nantinya akan memanfaatkan luas lahan yang ada. Sehubungan dengan warung yang berada di samping terminal akan diarahkan ke lantai dua. Artinya calon penumpang tidak perlu menyeberang jalan ketika bus datang.

Menyangkut bangunan baru di bagian belakang tidak akan mengalami perbaikan. Sarana tersebut bakal menjadi ruang tunggu sopir atau mes pegawai.(Redaksi)

Editor : Kartika Anwar

Baca Juga  Gunakan Cuplikan Video dari Youtube Tanpa Izin, Dua Pemilik Akun Facebook Dilaporkan Polisi

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply