Bontang Terima Adipura Kencana, Najirah : Hasil Kerja Bersama dan Peran Besar Pasukan Kuning

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Kedua kalinya Kota Bontang berhasil meraih penghargaan tertinggi dibidang kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan, yakni Adipura Kencana. Penyerahan tropi Adipura Kencana diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc dan diterima oleh Wakil Wali Kota Bontang, Najirah, di Jakarta, Selasa (28/02/2023).

“ Semua pihak patut berbangga, karena penghargaan ini atas kinerja kita semua. Selain itu peran pasukan kuning sangat besar,” ungkap Wakil Wali Kota Bontang, Najirah.

Dari data yang terhimpun, Kota Bontang sebelumnya telah berhasil meraih 8 kali penghargaan Adipura, 1 kali Adipura Kirana  dan 1 kali Adipura Kencana pada tahun 2013.

“ Tahun 2008 – 2012 berturut – turut Bontang dapat piala Adipura, tahun 2013 dapat Adipura Kencana , kemudian 2014-2015 kembali mendapat Adipura, 2016 Adipura Kirana dan terbaru ini, Bontang berhasil lagi dapat Adipura Kencana, itu merupakan penghargaan tertinggi,” jelas Kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Bontang, Heru Triatmojo.

Ditambahkannya, konsep penilaian Adipura tahun 2022 berdasarkan basis sistem dan data pengelolaan sampah, pengurangan sampah menjadi determinan (less TPA), klasifikasi kota, indicator proklim termasuk pemantauan berbasis teknologi.

“ Bontang berhasil meraih nilai 80, lebih besar dari standar capaian yakni 75. Sementara untuk pengelolaan sampah sebesar 98% dari total timbunan sampah, RTH Bontang juga mencapai 22 %, termasuk pemanfaatan solar cell sebagai energi pada penerapan lampu jalan, itu beberapa keunggulan Bontang sehingga berhasil meraih Adipura Kencana,” ungkapnya, Senin (27/02/2023). (Redaksi)

Editor : Kartika Anwar

Baca Juga  Vaksin Dosis 3 untuk Masyarakat Bontang Dimulai, Jilid 1 Prioritas Pelayan Publik

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply