Komisi III Dukung Pembelian Alat Pemotong Pohon Besar untuk DLH Bontang

KITAMUDAMEDIA,Bontang – Anggota Komisi III DPRD Bontang, Agus Suhadi mendukung penuh rencana pembelian alat pemotongan pohon yang berukuran tinggi untuk Dinas Lingkungan Hidup.

Menurut Agus Suhadi walaupun alat yang lama masih ada, akan tetapi, alat yang baru juga dinilai sangat dibutuhkan agar lebih memudahkan dan aman bagi keselamatan pekerja.

“Perlu didukung untuk beli alat baru, biar lebih cepat kerjanya dan aman untuk pekerja,” jelasnya.

Sementara, Kepala Bidang Perencanaan LH dan Keragaman Hayati DLH Bontang menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan pemotongan pohon yang menghalangi tiang listrik. Hal itu untuk mengantisipasi apabila hujan deras pohon tua yang mudah tumbang.

“Untuk pohon yang menghalangi tiang listrik, kami sudah melakukan pemotongan dahan. Seperti di daerah Sintuk, memang saat hujan deras tiba-tiba pohon langsung tumbang. Bisa menjadi, kendalanya adalah pohon yang sudah tua”, ungkapnya

Andi Hasanuddin, menambahkan, sejauh ini pihaknya terus memantau kondisi pohon, khususnya yang berada di jalan jalan protokol, untuk memastikan mana pohon yang perlu dipangkas. Misalnya pohon yang menghalangi tiang listrik. Namun saat ini DLH masih kesulitan untuk pohon yang tingginya melebihi 5 meter, diperlukan alat yang memadai seperti menggunakan mobil crane.

“Kalau pun bisa memasukkan di anggaran, kami ingin membeli peralatan baru termasuk mobil crane. Apalagi sangat kesulitan untuk menebang pohon yang tinggi, bahkan kami terkadang meminta bantuan perusahaan lingkungan hidup untuk membantu mengevakuasi pohon yang sangat tinggi, yang susah untuk di tebang, dan selama penebangan juga tidak mengganggu jalan”,tandasnya.

Reporter : Dwi S
Editor : Kartika Anwar

Baca Juga  Sosialisasikan Perencanaan Tenaga Kerja, Bupati Kutim Ingin Ciptakan 50 Tenaga Kerja Baru

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply