Awesome Logo
Tersedia ruang iklan, informasi hubungi 08125593271                    Segenap Pimpinan dan Redaksi Kita Muda Media Mengucapkan Marhaban ya... Ramadhan 1442 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin                    Patuhi Protokol Kesehatan dan Jaga Imunitas                    Follow Medsos KITAMUDAMEDIA FB : kitamudamedia, Fan Page FB : kitamudamedia.redaksi, IG : kitamudamedia.redaksi, Youtube : kitamudamedia official                                   Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1442 H                         

Belasan Surat Suara Dapil Selatan Nyasar ke TPS 45 GE Bontang Utara, Sempat Tercoblos

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Belasan surat suara daerah pemilihan (dapil) Bontang Selatan ditemukan nyasar ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) 45 Gunung Elai (GE) Bontang Utara .

Abdul Rasyid, salah satu pemilih  yang menemukan surat suara nyasar tersebut mengaku saat dirinya ingin mencoblos DPRD Kota, nama Caleg ‘jagoannya’ ternyata tidak ada, alhasil dirinya sempat kebingungan, kemudian menghubungi ‘jagoannya’ kemudian diarahkan untuk melapor ke Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bontang. 

“Saya lapor ke KPU bahwa di TPS 45 Gunung Elai ada surat suara dapil Bontang Selatan, sementata TPS tersebut merupakan TPS Bontang Utara,” ucapnya pada redaksi kitamudamedia.com, Rabu (14/2/2024).

Lebih lanjut, dari pengakuan Abdul Rasyid, ada sekitar 11 surat suara yang ditemukan dari dapil Bontang Selatan, dan pencoblosan sempat dihentikan kurang lebih 10 sampai 15 menit.

“Kira-kira 11 surat dapil Selatan yang ditemukan , dan 4 yang sudah melakukan oencoblosan sayangnya mereka tidak melapor sejak awal maka banyak yang tidak mencoblos,” ucapnya.

Ditempat yang sama Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Kota Bontang, Musdalifah mengatakan, dirinya atas nama KPU Bontang meminta maaf karena hal ini menjadi salah satu kekeliruan pada saat pengaturan. Ia mengimbau warga yang akan memilih, saat menerima surat suara ikut memeriksa terlebih dahulu sebelum melakukan pencoblosan.

“Memang ini kesalahan dari kami (KPU Bontang) juga, tetapi harusnya pemilih memeriksa sebelum melakukan pencoblosan, jika ditemukan surat suara salah laporkan ke petugas pasti akan diganti,” ucapnya pada redaksi kitamudamedia.com, Rabu (14/2/2024).

Ia juga menyampaikan, untuk surat suara yang salah sudah disingkirkan, namun untuk surat suara yang terlanjur masuk kedalam surat suara tidak bisa diambil, dan dinyatakan tidak sah nantinya saat perhitungan.

Baca Juga  APD Belum Datang, Pemkot Borong Jas Hujan sebagai Pengganti

“Angka pastinya saya tidak tahu berapa surat suara, yang pasti saat ini sudah aman tidak ada surat suara yang salah lagi,” kata Musdalifah saat melakukan monitoring di TPS 45 Gunung Elai (14/02/2024). 

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Badan Pengawas Pemilu(Bawaslu) Kota Bontang , Aldy Artrian menyampaikan, baru menerima kabar terkait surat suara dapil Selatan yang nyasar ke TPS 45 Bontang Utara, selanjutnya pihaknya  akan langsung melakukan peninjauan ke Tempat Pemilihan Umum tersebut. Dirinya akan melakukan koordinasi kepada ketua KPPS dan juga KPU atas kejadian tersebut dan tindakan seperti apa yang akan dilakukan.

“Saya belum bisa menyimpulkan tindakan apa yang akan lakukan, karena saya juga baru dapat kabar, kita akan tinjau ke lokasi dahulu, seperti apa runut kejadiannya” ucapnya saat di konfirmasi redaksi kitamudamedia.com (14/02/2024). 

Reporter : Yulia.C

Editor : Redaksi

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply