Tak Bisa Didaur Ulang, Sehari 74,2 Ton Sampah Warga Bontang Ditumpuk di TPA

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Persoalan sampah masih menjadi masalah krusial di Kota Bontang. Dari data Dinas Lingkungan Hidup (DLH), jumlah sampah yang dihasilkan sebanyak 106 ton sehari. Jika diakumulasikan setahun, maka jumlahnya mencapai 38 ribu ton sampah.

Itupun tidak semua bisa didaur ulang. Hanya 30 persen dari 106 ton sampah yang bisa didaur ulang. Sisanya, 70 persen berakhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Sekira 74,2 ton per hari, dan dalam setahun yang menumpuk di TPA sekira 27 ribu ton sampah.

“Jenis sampah terbanyak yang ditemukan itu sampah plastik dan kresek. Ini kan masih dipakai masyarakat untuk berbelanja,” terang Kepala Bidang Pengelolaan Sampah DLH Kota Bontang, Syakhruddin, ditemui Kamis (22/2/2024).
Ditargetkan, jumlah sampah yang bisa didaur ulang mencapai 50 persen dari jumlah sampah yang dihasilkan per harinya. Hal itu untuk menghindari kelebihan kapasitas di TPA.

Disinggung soal kesadaran warga, ia tak menapik jika masih ada yang membuang sampah sembarangan. Tak terkecuali di lokasi wisata seperti mangrove Berbas Pantai.

Kendati demikian, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan kesadaran warga. Salah satunya dengan mengedukasi masyarakat tentang sampah.

“Untuk edukasi ke tiap RT tahun ini lebih banyak jadwalnya dari tahun sebelumnya,” ucapnya.

Ia pun mengimbau agar masyarakat bisa membuang sampah sesuai dengan jadwal, agar tidak berserakan di bak sampah.

“Pengangkutan kami dari jam 05.30 pagi dan jam 08.00 malam. Kita harapkan waktu buangnya sebelum waktu itu,” harapnya.(*)

Reporter : Desty NA
Editor : Nur Aisyah Nawir

Baca Juga  Bantu Sesama, Lewat Gerakan Nasi 1000 Box

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply