5 Sekolah Kedinasan Perhubungan Darat dan Syarat Daftarnya

KITAMUDAMEDIA,Bontang- Sekolah kedinasan Kemenhub (Kementerian Perhubungan) dibagi menjadi matra darat, matra laut dan matra udara. 

Siswa lulusan SMA/SMK sederajat yang ingin kuliah di sekolah kedinasan Kemenhub bisa memilih salah satu dari 22 sekolah kedinasan Kemenhub yang membuka penerimaan taruna taruni baru di pendaftaran sekolah kedinasan 2024.

Jika kamu memilih sekolah kedinasan perhubungan darat, perlu tahu sekolah kedinasan apa saja yang bisa dipilih. 

Dilansir dari laman BPSDM Dephub, Rabu (13/3/2024) berikut sekolah kedinasan perhubungan darat yang bisa kamu pilih di pendaftaran sekolah kedinasan 2024.

Sekolah kedinasan perhubungan darat 

1. Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI) atau Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) 

2. Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun 

3. Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal 

4. Politeknik Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan Palembang (Poltektrans SDP) Palembang

5. Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali Itulah 5 sekolah kedinasan perhubungan darat yang bisa dipilih siswa SMA/SMK sederajat yang mau mendaftar sekolah kedinasan 2024. 

Setelah tahu apa saja sekolah kedinasan perhubungan darat, ketahui juga syarat administratif daftar sekolah kedinasan perhubungan darat mengacu pada syarat pendaftaran tahun 2023. Berikut informasinya:

1. Pas foto terbaru berwarna latar belakang merah, menghadap kedepan ukuran 4 x 6 cm (ukuran minimal 120 kb maksimal 500 kb dengan format .jpg). 

2. KTP bagi peserta yang berusia di atas 17 tahun atau Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki KTP atau menggunakan Surat Keterangan Kependudukan/resi permintaan pembuatan KTP dengan format .jpg ukuran maksimal 500 kb. 

3. Ijazah SMA/SMK/MA dan sederajat bagi calon peserta yang sudah dinyatakan lulus atau rapor SMA/SMK/MA dan sederajat (2 SEMESTER) bagi calon peserta yang belum dinyatakan lulus atau masih duduk di kelas 12 (dua belas). Dan Surat penyetaraan / persamaan ijazah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi lulusan luar negeri atau memiliki ijazah berbahasa asing dengan format PDF ukuran maksimal 1.000 kb. 

Baca Juga  Disdikbud Provinsi Kaltim Beri Penghargaan pada Siswa, Guru dan Sekolah Digital

4. Tanda bukti pembayaran formulir pendaftaran sesuai dengan perguruan tinggi yang dipilih dengan menyertakan nama dan NIK yang tercetak pada bukti pembayaran (ukuran maksimal 500 kb dengan format .jpg). 

Persyaratan lainnya yang diunggah dalam 1 (satu) berkas dengan format PDF ukuran maksimal 2 MB yang terdiri atas:

  • Formulir Pernyataan Calon Taruna/Taruni SIPENCATAR Kementerian Perhubungan bermaterai 10.000 rupiah, dapat diunduh di https://sipencatar.dephub.go.id/template 
  • Surat Pernyataan Mutlak Menyetujui Hasil SIPENCATAR bermaterai Rp 10.000 
  • Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak Tidak Buta Warna bermaterai Rp 10.000 
  • Surat Keterangan Orang Asli Papua (OAP) yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Lurah/Kepala Suku di wilayah Papua/Papua Barat(hanya untuk Pendaftar formasi Pola Pembibitan Kemenhub khusus Putra/I Papua/Papua Barat) 

Itulah 5 sekolah kedinasan perhubungan darat milik Kemenhub yang bisa dipilih siswa.

Informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru di sekolah kedinasan Kemenhub bisa dibaca di laman https://sipencatar.dephub.go.id/ (Kompas.com) 

Editor : Redaksi 

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply