Semangat Menebar Manfaat di Bulan Ramadan, PKT Proaktif Salurkan 4.160 Paket Sembako Bagi Warga Bontang

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Senyum sumringah menghiasi wajah Kartini (52) saat keluar dari Hotel Grand Equator Bontang, sambil membawa satu tas penuh berisi sembako di tangan kanannya. Beriringan dengan beberapa ibu-ibu lainnya, warga Tanjung Laut Bontang Selatan itu tak berhenti mengucap syukur atas berkah yang diterima. Seraya menuntun bingkisan ke arah parkiran sepeda motor, Kartini sesekali tampak masih berbincang dengan bahagia bersama beberapa warga lainnnya.

Kartini merupakan salah satu dari ribuan warga kurang mampu di Kota Bontang, yang tahun ini mendapat bingkisan sembako Ramadan 1445 H dari PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim). Program berbagi sembako ini bagian dari kepedulian Perusahaan bagi masyarakat yang rutin digelar setiap tahun, utamanya saat menghadapi bulan puasa hingga Lebaran.

“Ini ada beras, gula, minyak dan banyak lainnya. Alhamdulillah ada saja berkah rezeki di bulan Ramadan,” ucap Kartini, saat ditemui sesaat sebelum dia menunggangi kuda besinya di parkiran Hotel Grand Equator Bontang, Rabu (21/3/2024) pagi.

Kata Kartini, dia mendapat info pembagian sembako gratis Pupuk Kaltim dari Kelurahan. Namanya terdaftar sebagai salah satu warga yang berhak menerima bantuan, karena masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) non program. Hasil pendataan Pemkot Bontang melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos PM). Atas dasar itulah, dia pun menjemput rezeki yang dinilainya sangat berarti untuk pemenuhan kebutuhan keluarga saat bulan puasa.

“Apalagi harga sembako saat ini naik semua, kami pun kesulitan karena kondisi dan keterbatasan. Makanya saya sangat berutung dan berterima kasih bisa mendapatkan bantuan ini dari Pupuk Kaltim,” tambah Kartini.

Hal senada turut diungkap Rusman (55), warga Kelurahan Api-api Bontang Utara. Kata dia, saat tarawih namanya diumumkan Ketua RT di Masjid, sebagai salah satu warga yang berhak menerima bantuan PKT Proaktif Pupuk Kaltim tahun ini. “Makanya saya datang ambil bantuan,” ucapnya.

Baca Juga  Najirah Segera Tangani Akses Masuk SMP Negeri 5 yang Terendam Banjir

Sama seperti Kartini, Rusman menilai paket sembako ini sangat membantu dirinya untuk memenuhi kebutuhan dapur saat Ramadan. Terlebih dengan harga bahan pokok yang melonjak mulai awal puasa, membuat pria yang berprofesi sebagai buruh ini agak kesulitan memenuhi kebutuhan keluarga karena pengeluaran lebih tinggi dari sebelumnya.

Dirinya menyebut program seperti ini memiliki nilai manfaat yang besar, sebab keluarga kurang mampu seperti dirinya merasa terbantu, dan meringankan beban pengeluaran yang harus dialokasikan untuk kebutuhan pokok. Rusman juga berharap program ini terus berjalan berkesinambungan, tentunya dengan sasaran penerima yang jelas atau masyarakat yang benar-benar berhak menerima.

“Bagi sebagian orang mungkin paket seperti ini biasa, tapi bagi kami ini sangat membantu sekali. Terima kasih Pupuk Kaltim, semoga menjadi berkah bagi perusahaan dan programnya terus ada,” tandas Rusman.

VP TJSL Pupuk Kaltim Sugeng Suedi, mengatakan tiap paket sembako berisi 5 Kilogram (Kg) beras premium, 1 Kg gula pasir, 2 liter minyak goreng, 15 butir telur ayam hingga satu pack makanan ringan. Tahun ini ada 4.160 penerima di Kota Bontang, dengan total bantuan senilai Rp1,1 Miliar.

Para penerima berdasarkan data Pemkot Bontang melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos PM), dengan sasaran manfaat yakni warga yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) non program, Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE), hingga para Veteran dan Piveri.

“PKT Proaktif secara umum diperuntukkan bagi warga Bontang di 15 Kelurahan tanpa terkecuali, sesuai data Dinsos-PM Bontang. Ini wujud kepedulian Pupuk Kaltim dengan berbagi manfaat dan keberkahan di bulan Ramadan,” tutur Sugeng.

Selain itu Pupuk Kaltim juga melibatkan para pelaku UMKM binaan perusahaan untuk pengadaan bantuan paket sembako. Mulai dari usaha binaan di sektor perdagangan untuk pengadaan gula, telur dan minyak goreng. Lalu binaan di sektor pertanian untuk pengadaan beras, serta sektor industri rumah tangga untuk pengadaan paket makanan ringan. Ditambah para penjahit binaan untuk pengadaan tas bantuan (Goodie Bag) bekerjasama dengan PIKA PKT.

Baca Juga  11 Atlet Bontang Siap Berlaga di PON XX Papua

“Jadi manfaat tidak hanya bagi masyarakat penerima, tapi juga berkah bagi UMKM binaan yang diberdayakan untuk pengadaan paket sembako. Pemberdayaan ini pun setiap tahun dilakukan, khususnya pada program berbagi paket Ramadan maupun Idul Fitri,” lanjut Sugeng.

SVP Teknik Pupuk Kaltim Gatot Pramu Handoko, yang hadir saat penyerahan bantuan menyampaikan jika PKT Proaktif berbagi sembako merupakan agenda rutin Pupuk Kaltim memberi manfaat, yang setiap tahun disalurkan bagi warga kurang mampu di Kota Bontang. Tidak ada pengecualian atau kekhususan penerima, namun merata bagi seluruh warga dari 15 Kelurahan yang masuk kategori penerima sesuai verifikasi Dinsos PM Bontang.

Program PKT Proaktif tahun ini juga diselaraskan dengan Employee Volunteering Initiation (Evolution), untuk melatih kepekaan dan kepedulian karyawan Pupuk Kaltim terhadap sesama dalam menyikapi kondisi sosial di masyarakat. Maka dari itu, program bantuan ini melibatkan karyawan sebagai relawan kegiatan, untuk secara bersama menyalurkan bantuan kepada seluruh penerima yang berhak di Kota Bontang.

“Kami harap bantuan ini bermanfaat, serta bisa menjadi penambah semangat dan kebahagiaan bagi para penerima dalam memenuhi kebutuhan pokok selama Ramadan,” kata Gatot.

Ditambahkannya, Evolution PKT Proaktif tahun ini juga menyasar bantuan serupa bagi ratusan santri dari berbagai panti asuhan, serta para lansia panti jompo yang ada di Kota Bontang dengan penyaluran secara bertahap. Gatot pun memastikan program ini akan terus berjalan berkesinambungan, dengan memberi manfaat yang jauh lebih luas bagi masyarakat. Begitu pun keterlibatan karyawan, akan terus ditingkatkan agar jiwa sosial serta kepedulian akan semakin terasah, sesuai semangat Pupuk Kaltim untuk senantiasa hadir bagi masyarakat di berbagai bidang.

“Jadi nilai kepedulian dan kebermanfaatan tidak hanya sekadar bagian dari komitmen Pupuk Kaltim, tapi juga didorong kepada seluruh karyawan untuk turut berbuat serupa bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Semangat inilah yang mendasari Evolution PKT Proktif dilaksanakan,” terang Gatot.

Baca Juga  Kadis DPMPTSP Asdar Hadir dalam Launching Batik Khas Bontang¬†

Mewakili Pemkot Bontang, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos PM Bontang Marwati, mengapresiasi kesinambungan peran Pupuk Kaltim bagi masyarakat, yang kali ini disalurkan melalui Evolution PKT Proaktif berbagi sembako Ramadan. Dikatakannya bantuan ini menunjukkan semangat kebersamaan dan kepedulian tinggi Pupuk Kaltim, sekaligus langkah nyata perusahaan mendukung Pemerintah dalam memberikan perhatian bagi masyarakat.

“Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pupuk Kaltim, atas kontribusinya bagi masyarakat khususnya saat Ramadan ini. Bantuan ini sangat berarti sebagai wujud kebersamaan dalam membangun solidaritas bagi sesama di bulan yang penuh berkah ini,” ungkap Marwati.(*) (PupukKaltim)

Editor: Redaksi

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply