Jangan Asal Olahraga, Waspada Cidera

KITAMUDAMEDIA – Kebanyakan orang menjadikan olahraga sebagai rutinitas sehari-hari bahkan kebutuhan yang dibarengi dengan semangat luar biasa. Tapi tahukah Anda, salah sedikit saja bisa berdampak cidera berkepanjangan.

Melakukan gerakan olahraga yang tidak benar bepotensi membuat nyeri punggung bawah atau low back pain (LBP).  LBP adalah nyeri pada punggung bagian bawah yang biasanya disebabkan karena cidera pada otot (tegang) atau ligamen (keseleo).

Daniel Joseano, personal trainer fisioterapis menjelaskan posisi yang tidak benar saat melakukan latihan dapat berakibat cidera LBP. Namun bagi penderita LBP, olahraga justru lebih dianjurkan terutama angkat beban tapi dengan tata cara yang tepat dan benar.

“Gerakan olahraga yang asal-asalan atau tidak tepat bisa mengakibatkan cidera Low Back Pain, jadi harus lebih hati – hati. Tapi kalau  sudah terlanjur cidera jangan berhenti olahraga, justru tetap harus dilatih terus dengan angkat beban sesuai tata cara yang tepat dan benar,” paparnya.

Beberapa kesalahan yang sering dilakukan adalah melakukan gerakan tidak sesuai alignment atau suatu kondisi miringnya fragmen tulang panjang sehingga arah aksis longitudinalnya berubah. Tidak melakukan pemanasan core exercise dan bagi yang memiliki berat badan berlebih kerap salah memilih jenis latihan.

“Pada kasus seperti itu sering ditemukan LBP dan cidera lurut, terutama orang yang overweight karena kerja lutut jadi berlebihan. Maka pilihan olahraga yang tepat wajib diperhatikan,” jelas Daniel.

Berikut tips agar terhindar dari cidera saat berolahraga :

  1. Warming Up
    Pemanasan merupakan tahap awal sebelum melakukan olahraga. Kita perlu mempersiapkan keadaan dan psikis tubuh secara optimal dengan cara melakukan warming up
    Pada umumnya Warming Up dilakukan lebih kurang dari 15 menit. Fase ini diawali dengan kegiatan stretching yaitu penguluran otot-otot tubuh dan dilanjutkan dengan gerakan dinamis pemanasan. Tujuannya untuk meningkatkan elastisitas otot dan ligamen di sekitar persendian, sehingga dapat mencegah kemungkinan cidera yang berbahaya. Selain itu, pemanasan juga dapat meningkatkan suhu tubuh dan denyut nadi, untuk menyiapkan tubuh menghadapi latihan yang lebih intensif.
  2. Core Exercise
    Core exercise adalah bagian yang sangat penting dari program fitness, walaupun begitu, masih banyak orang yang enggan untuk menjalankannya, orang lebih senang melakukan push up dan sit up saja. Padahal core exercise berfungsi melatih otot di bagian pelvis, lower back, pangkal paha, dan perut agar bekerja dengan baik. Hal ini menuntun pada keseimbangan dan stabilitas yang lebih baik, ketika sedang bermain di lapangan ataupun melakukan aktivitas sehari-hari. Sesungguhnya, kebanyakan olahraga dan aktivitas fisik sangat bergantung pada kestabilan otot inti/core.
  3. Kurangi Ego
    Saat tengah bersemangat olahraga, kita kerap melupakan kemampuan diri khususnya bagian-bagian tubuh yang diberi latihan. Misalnya mengangkat beban tanpa memperdulikan alignment, sehingga kondisi tersebut dapat memicu cidera LBP.

Jadi berolahragalah dengan benar. Agar lebih yakin, Anda dapat menggunakan bantuan tenaga personal trainer yang ada di tempat fitnes ataupun pusat kebugaran.

Selamat Berolahraga!

Leave a Reply

Hi Kawula Muda
Powered by