Awesome Logo
Tersedia ruang iklan, informasi hubungi 08125593271                    Segenap Pimpinan dan Redaksi Kita Muda Media Mengucapkan Marhaban ya... Ramadhan 1442 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin                    Patuhi Protokol Kesehatan dan Jaga Imunitas                    Follow Medsos KITAMUDAMEDIA FB : kitamudamedia, Fan Page FB : kitamudamedia.redaksi, IG : kitamudamedia.redaksi, Youtube : kitamudamedia official                                   Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1442 H                         

DKPP Jamin Hewan Kurban Di Bontang Sehat Dan Sesuai Syariat Islam

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKPPP) Bontang menjamin seluruh hewan kurban yang diperjual belikan jelang Idul Adha 1440 H dalam keadaan sehat dan sesuai dengan syariat islam.

Pernyataan tersebut ditandai dengan pemberian label sehat oleh Kepala DKPPP Kota Bontang, Aji Erlinawati terhadap seluruh hewan ternak yang di jual untuk kurban ataupun konsumsi sehari – hari, pada Selasa, (6/8/2018).

Aji Erlinawati menjelaskan di Kota Bontang terdapat 45 titik lokasi penjualan dengan jumlah sekira 1040 ekor sapi dan 1346 ekor kambing. Seluruhnya telah dilakukan pemeriksaan kesehatan dan dianggap laik jual.

Untuk memastikan hewan tersebut sehat atau tidak, pihaknya telah melakukan pemeriksaan tertentu, seperti kesehatan fisik secara umum, mulai dari mata, lubang hidung, mulut, bulu, kaki hingga ekor.

“Semuanya harus sehat nah kalau misalnya untuk kambing itu usianya satu tahun ditandai dengan sepasang tangannya, giginya. Kalau untuk sapi, usia dua tahun ditandai dengan tanggalnya gigi, nah…kondisi seperti itu untuk melihat bisa atau tidaknya hewan hewan ini dijadikan hewan kurban,”jelasnya.

Menurut Aji, kualitas sapi di Kota Bontang semuanya sudah sesuai dengan syariat islam untuk penyembelihan kurban,  ” kalau untuk hewan kurban maupun hewan untuk kita konsumsi hari hari itu yang jelas sesuai dengan ketentuan yang kita harapkan, semuanya rata rata yang masuk ke kota Bontang itu hewannya sehat,”tegasnya.

Rencananya pengecekan akan terus dilakukan hingga tiga hari setelah Idul Adha. Untuk memastikan hewan kurban aman  di konsumsi.

“Semuanya kita lakukan pengecekan karena akan berpengaruh nanti setelah pemotongan, biasanya setelah pemotongan kita lihat bagian dalamnya misalnya hati, jatuh sehat atau tidak karena  akan terlihat setelah pemotongan,”tandasnya. (JW/KA)

Baca Juga  Lantai Pasar Taman Rawa Indah Mulai Rusak, Pedagang Minta Perbaikan

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply