Pesta Laut Bontang Kuala Digelar hingga 20 November 2022, Kental Kearifan Lokal

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Gaung suara gong terdengar merdu, sebagai penanda digelarnya pesta laut Bontang Kuala (BK). Bertema Bessai Berintai Melestarikan Adat Budaya Kota Bontang, acara tahunan tersebut dibuka oleh Wakil Wali Kota Bontang Najirah, Rabu (16/11/2022).

Seperti tahun sebelumnya, salah satu ritual adat pada pesta laut BK yang wajib dilakukan adalah bebalai. Pada prosesi ini, seluruh tamu kehormatan berjalan sambil menari mengitari singgasana yang terbuat dari rotan dan janur kuning yang diikat dan dianyam dengan iringan musik serta tabuhan kendang dan gamelan. Ritual ini dulunya dikenal sebagai media pengobatan orang sakit bagi penduduk Bontang terdahulu.

Wakil Wali Kota Bontang, Najirah, mengatakan bahwa kegiatan pesta laut ini akan menampilkan berbagai kearifan lokal khas Bontang sebagai kekayaan budaya Indonesia.

“Jadi, saya berharap kita semua dapat ikut berperan serta menyukseskan seluruh rangkaian pesta laut di Tahun 2022 ini,”ungkapnya.

Selain itu, Najirah mengajak masyarakat untuk terus menjaga kelestarian alam terutama laut karena Kota Bontang memiliki banyak kekayaan laut.

“Saya berharap kita selalu menjaga kelestarian alam terutama laut , jangan mencemarkan juga merusak laut kita. karena, hasil kekayaan laut Kota Bontang tanpa kita sadari tidak hanya dinikmati oleh warga Bontang saja namun hasilnya juga dikirim ke Daerah sekitar kita,”ujarnya.

Diketahui, bahwa Pesta Laut BK akan berlangsung selama 5 hari kedepan mulai tanggal 16 November dan akan berakhir 20 November 2022.

Reporter : Amel
Editor : Kartika Anwar

Baca Juga  Dua Pria Kutim Terciduk Lagi Transaksi Narkoba di Pisangan

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply