Nasdem Buka Pendaftaran, Jaring Calon Kepala Daerah Berelektabilitas Tinggi

KITAMUDAMEDIA, Bontang –  Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Bontang mulai membuka penjaringan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bontang terhitung sejak 23 September hingga 23 Oktober 2019.

Penjaringan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota diumumkan oleh Ketua DPD Partai Nasdem Joni Muslim, didampingi sekretaris DPD Partai Nasdem Bakhtiar Wakkang, Ketua Bappilu Bilher Hutahean, dan ketua OKK Herdani, Senin (23/9) di cafe Planet Football.

Joni Muslim menekankan penjaringan dibuka selama satu bulan penuh baik untuk kader maupun masyarakat umum. “Kita buka untuk siapa saja, tanpa mahar,” katanya.

Saat disinggung mengenai kader yang diusung untuk maju, Joni mengatakan menunggu keputusan partai dan hasil survey. Pasalnya DPD hanya sebagai fasilitator.

“Partai berpihak pada pemenang, jadi kita juga harus melihat survey, jika survey tidak memungkinkan tidak boleh dipaksakan,” pungkasnya.

Meski terbuka untuk umum, namun partai tak menampik memiliki kriteria atau standar bakal calon. Diantaranya dikatakan sekretaris DPD Partai Nasdem Bakhtiar haruslah memiliki elektabilitas.

“Harus cinta tanah air, berkapasitas menjadi seorang pemimpin, dan memiliki pemikiran yang visioner,” jelasnya.

Penjaringan ini sendiri dilakukan secara serentak seluruh Indonesia.  Pendaftaran mulai dibuka pada 23 September hingga 23 Oktober 2019, dilanjutkan pemaparan visi misi dan strategi 24 sampai 31 Oktober.

Pleno DPD dan DPW mulai dilakukan pada 1 sampai 5 November. Sementara 6 hingga 8 November dilakukan penyerahan berkas ke DPP. Para bakal calon kemudian akan diundang untuk wawancara oleh tim pilkada pusat pada November hingga Desember 2019. (Zee/KA)

Leave a Reply