Peringati Hari Sumpah Pemuda, Pelajar & Mahasiswa Diberi Pelatihan Bela Negara

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Mengusung tema mewujudkan generasi muda yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan.  Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dispopar) Kota Bontang menggelar Pelatihan Bela Negara selama dua hari 16-17 November 2019 di kantor Dispopar. 

Pelatihan Bela Negara diikuti ratusan peserta terdiri dari pelajar SMA dan mahasiswa di Bontang. 

Pada hari pertama pelaksanaan, peserta dibekali pemaparan materi mengenai NKRI yang disampaikan oleh perwakilan Kodim 0908/btg, bela negara dari Kepala Kesbangpol, pencegahan dan penanggulangan bencana oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan bahaya Narkotika oleh Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Bontang. 

Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dispopar) Aji Said Mohammad Mahdy mengatakan, pelatihan diselenggarakan dengan tujuan membentuk karakter kaum muda di Bontang, agar senantiasa menanamkan rasa cinta tanah air.

“Kegiatan ini untuk menumbuhkan rasa bela negara, dan yang paling penting belajar kedisiplinan. Harapannya kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan secara berkesimbungan kedepannya,” ujarnya. 

Sementara pada hari kedua, peserta diajak untuk berkunjung ke Pulau Beras Basah, salah satu destinasi andalan Kota Taman. Disana, mereka sekaligus melakukan aksi bersih-bersih Pulau Beras Basah dari tumpukan sampah. Berbagai games uji kekompakan juga digelar untuk memeriahkan kegiatan tersebut. 

Di hari yang sama, juga dilakukan pengibaran bendera di bawah laut oleh tim penyelam dari Dispopar, tepatnya di perairan pasilan Kelurahan Bontang Kuala, sebagai rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019. (Yulianti Basri/KA)

Baca Juga  Peduli Sesama Lewat Gerakan 1000 Nasi Box

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply