Heboh, Ribuan Ikan Naik ke Permukaan Dermaga Prakla

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Sebuah video viral di media sosial, Minggu (12/1/2020). Warga di sekitar Dermaga Prakla Berbas Pantai heboh dengan naiknya ikan-ikan dari lautan ke permukaan. Fenomena langka ini membuat warga berebutan mengambil ikan-ikan yang berlompatan ke daratan.

Ikan-ikan tersebut mulai naik ke pelataran kayu sejak air mulai pasang sekitar pukul 18.00 Wita. Hal itu diungkapkan Sumini warga RT 16 Berbas Pantai. Dia mengatakan jenis ikan yang naik adalah tembang kecil berukuran sejari tangan orang dewasa.

“Naik di depan rumah, ada satu jam itu naik ikan,” ungkapnya.

Selain Sumini beberapa warga lainnya juga tak mau melewatkan momen langka tersebut. Bahkan, beberapa warga mengumpulkan ikan setengah sampai satu keranjang penuh.

“Saya cuma ambil satu piring lebih, ikannya sudah saya goreng,” katanya.

Sumini menyebut kejadian seperti ini bukan yang pertama kali, tahun 2019 lalu ia menyebut, kejadian serupa juga pernah terjadi. Tepat saat air laut mulai naik.

Senada, Supriyadi salah satu nelayan mengatakan kejadian tersebut wajar adanya, pasalnya terlebih jika melihat jenis ikan yang naik ke permukaan memang sering berada di pinggiran laut.

“Gak aneh sih, apalagi ikannya sudah sering kita lihat,” ujarnya.

Beberapa teori memang menyebutkan, pengangkatan biota laut dalam ke permukaan hingga terbawa ke pesisir berkaitan dengan fenomena upwelling. Untuk diketahui, upwelling adalah sebuah fenomena di mana air laut yang lebih dingin dan bermassa jenis lebih besar bergerak dari dasar laut ke permukaan. Dalam fenomena upwelling biasanya kemunculan ikannya banyak, hingga ada segerombolan ikan sampai ke permukaan. Selain itu, masih ada faktor lain yang memicu ikan muncul, seperti mengikuti dinamika arus laut.

Reporter : Yulianti Basri
Editor : Kartika Anwar

Leave a Reply