Serahkan DP4, Disdukcapil Siap Sukseskan Pilkada Bontang

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bontang memantapkan perannya dalam finalisasi data kependudukan menyongsong pelaksanaan Pilkada 2020 di Bontang. Hal ini untuk mendukung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bontang dalam mensukseskan hajatan akbar lima tahunan itu.

125,578 data pemilih telah terekapitulasi untuk kemudian diserahkan dan ditindaklanjuti KPU sebagai dasar proses pencocokan dan penelitian (Coklit) di lapangan hingga terbitnya Daftar Pemilih Tetap (DPT). Dari total 125,578 pemilih terinci 65,191 laki-laki, dan 60,387 perempuan. Untuk di wilayah Kecamatan Bontang Utara terdapat 56,509 pemilih, Bontang Selatan 47,641 pemilih, dan 21,428 pemilih di wilayah Bontang Barat. Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) telah dikeluarkan sejak 23 Januari 2020 lalu.

Dikatakan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bontang Yuliati Nur, Disdukcapil berupaya membantu menyukseskan Pilkada di Bontang, salah satunya dengan melakukan koordinasi dengan pihak kelurahan agar lebih pro aktif mengingatkan warganya untuk tertib melaporkan administrasi kependudukan.

“Kami minta agar melaporkan hal-hal seperti kalau ada penduduk datang dari luar daerah, jika ada yang meninggal dunia, perubahan elemen data jika ada anak yang baru masuk ataupun pensiun dari TNI / Polri, dan lain sebagainya,” paparnya.

Selain meningkatkan akurasi data kependudukan, Disdukcapil Bontang juga gencar mensosialisasikan pentingnya mengantongi KTP-el, bahkan Disdukcapil rutin melaksanakan upaya jemput bola baik ke sekolah, kecamatan, tempat-tempat keramaian, hingga wilayah pesisir.

“Jika kerjasama baik terwujud dengan semua pihak, kita yakin akan meningkatkan partisipasi warga dalam memilih, sehingga angka golput dapat ditekan,” ujarnya.

Reporter : Yulianti Basri
Editor : Kartika Anwar

Leave a Reply