Mulai Malam Ini Jalan Protokol tak Lagi Ditutup, Dishub : Jangan Keluyuran

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Mulai malam ini, Jumat (8/5/2020) Pemerintah Kota Bontang melalui Dinas Perhubungan, mulai mencabut kebijakan penutupan jalan protokol sejak pukul 22.00 hingga pukul 04.00 pagi.

“Mulai malam ini sudah dibuka kembali seperti biasanya,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan, Kamilan.

Kembali dibukanya ruas jalan utama tersebut berdasarkan sejumlah pertimbangan, salah satunya karena kesadaran masyarakat yang dinilai sudah cukup tinggi. Penjagaan sebelumnya dilakukan oleh petugas gabungan terdiri dari Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan kepolisian. Sementara dikatakan Kamilan, Satpol PP juga memiliki jadwal rutin patroli.

“Selama penjagaan, kesadaran masyarakat sudah bagus, Hanya beberapa saja yang lewat, seperti warga yang baru pulang kerja. Jam segitu jalan sudah sepi,” ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya akan melakukan evaluasi, jika nantinya jalan kembali dibuka, dan banyak masyarakat yang lalu lalang pada malam hari.

“Kalau ramai lagi kita evaluasi, ini kan sifatnya sementara. Harapannya, masyarakat jangan karena jalan dibuka, terus keluyuran, kecuali ada kepentingan yang sangat mendesak,” katanya.

Meski jalan protokol tak lagi ditutup pada malam hari, namun penjagaan di tugu selamat datang tetap diperketat. Begitu pun dengan simpang Kusnodo, pengendara belum diperkenankan untuk melintas. “Tugu selamat datang tetap dijaga, setiap shift ada belasan petugas gabungan,” pungkasnya.

Sebelumnya, pemerintah kota melakukan pembatasan sejumlah titik akses ruas jalan protokol Kota Bontang, sejak Rabu malam (8/4/2020). Water barrier disusun menutup ruas jalan. Para petugas mulai dari kepolisian, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP disiagakan di lokasi.

Ruas jalan yang dijaga petugas diantaranya Jalan Bhayangkara, Jalan R Soeprapto atau simpang Bontang Baru, dan Jalan Ahmad Yani Gunung Sari.

Reporter : Yulianti Basri
Editor : Kartika Anwar

Leave a Reply