Wujudkan Pola Kawasan Rumah Pangan Lestari, DKP3 Bina 12 Kelompok

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Pemerintah Kota Bontang melalui Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKP3) berupaya agar kemandirian pangan dapat tercapai. Salah satunya lewat program program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

Dengan prinsip memanfaatkan pekarangan untuk budidaya tanaman yang diperlukan sehari-hari, program ini juga sebagai upaya agar konsumsi pangan dapat lebih terjamin keamanannya.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan DKP3 Bontang Debora Kristiani menyebut saat ini DKP3 telah melakukan pembinaan terhadap 12 KRPL di Bontang.

“Sejak tahun 2013 sampai tahun ini, totalnya ada 12 yang kita bina,” ujarnya.

Di pekarangan mereka tidak hanya menanam sayur dan buah saja tapi cukup komplit mulai dari bunga tanaman obat dan bumbu dapur. “Ini juga tujuannya pangan yang dikonsumsi aman dari racun, karena budidaya sendiri. Selain itu, tentu juga harapannya bisa meningkatkan pendapatan bagi para anggota,” katanya.

DKP3 selama ini memberikan pembinaan, sementara untuk bantuan anggaran berasal dari pusat. Untuk satu KRPL anggota minimal berjumlah 30 orang, sementara yang sudah mulai berkembang, paling tidak sudah memiliki 40 anggota.

“Kami adakan penyuluhan, diajarkan budidaya , nah sekarang sudah mulai banyak yang mandiri, tidak lagi dapat bantuan dana, tapi tetap berada di bawah pengawasan kami, diberi pembinaan,”pungkasnya.

Reporter : Yulianti Basri
Editor : Kartika Anwar

Leave a Reply