Tingkatkan Produksi Ikan, DKP3 Ajukan Armada Kapasitas 30 Gross Ton Bagi Nelayan

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Pemerintah Kota Bontang melalui Dinas Ketahanan Pangan Perikanan dan Pertanian (DKP3) berupaya mengajukan pengadaan armada bagi nelayan Bontang. Dengan harapan potensi perikanan tangkap yang ada dapat dikelola dengan optimal dalam rangka peningkatan produksi perikanan.

Dikatakan Kepala Bidang Perikanan Tangkap dan Budidaya Dinas Ketahanan Pangan Perikanan dan Pertanian (DKP3) Bontang Syamsu Wardi penambahan kapal penangkap ikan bukan sekedar kapal biasa, melainkan berskala industri. “Armada penangkap ikan modern seperti di Sulawesi Utara,” ujarnya.

Targetnya Bontang bisa memiliki 10 kapal. Setiap kapal berkapasitas 28 sampai 30 gross ton (GT). Dengan 15 ABK di dalamnya. “paling tidak di utara ada 3, selatan ada 5 kapal, 8 lah minimal, tapi kita lihat lagi nanti kemampuan keuangan,” jelasnya.

Menurut Syamsu Wardi pengadaan armada tersebut tak hanya mengandalkan APBD saja, pihaknya akan melakukan pendekatan ke provinsi bahkan ke pusat. “Kita juga akan gandeng DPRD, jadi bisa membantu merealisasikan ini,” ujarnya.

Bantuan armada tersebut diharapkan dapat memengaruhi produksi perikanan tangkap yang juga berdampak pada peningkatan kesejahteraan nelayan Bontang. “Produksi ikan dapat terus terpenuhi,” harapnya.

Armada yang disalurkan nanti juga disesuaikan dengan karakter wilayah dan lingkungan dari penerima bantuan agar bisa digunakan dengan baik. “Sistem dan mekanisme penggunaannya, penerimanya akan diatur,” pungkasnya.

Reporter : Yulianti Basri
Editor : Kartika Anwar

Leave a Reply