Disdukcapil Lakukan Jemput Bola Perekaman e-KTP ke Lapas Bontang

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bontang melakukan pelayanan khusus terhadap warga binaan yang ada di Lapas Kelas IIA Bontang Lestari.

Disdukcapil melakukan jemput bola perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) ke Lapas Bontang yabg ada di Kelurahan Bontang Lestari. Kegiatan tersebut merupakan upaya Disdukcapil Bontang untuk memenuhi hak-hak warga untuk memiliki identitas penduduk tanpa terkecuali penghuni lapas.

Menurut Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Bontang, Mohamad Karnadi perekaman di Lapas Bontang juga dilakukan sebagai tindaklanjut permohonan yang diajukan oleh KPU ke Disdukcapil Bontang.

“Agar mereka juga bisa menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Desember nanti, karena salah satu persyaratannya harus memiliki KTP-el” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya didampingi oleh Kasi Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Disdukcapil Bontang, Muhammad Thamrin.

Selain sebagai bentuk sinergitas dengan KPUD Kota Bontang. Dijelaskan Karnadi, jemput bola ke Lapas ini juga menjadi bagian dari upaya memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat, termasuk bagi mereka yang sedang menjalani masa tahanan. “Ini untuk update database kami juga, karena target kami kedepan semua warga Bontang sudah melakukan perekaman KTP-el,” jelasnya.

Pada jemput bola di Lapas Bontang ini, Disdukcapil turut didampingi dari KPU dan Bawaslu mulai dari perekaman sampai penyerahan KTP-el yang telah dicetak. “Sudah kami serahkan pada 26 Oktober lalu,” sebutnya.

Diketahui, sebanyak 359 Warga Binaan Lapas Kelas II A Bontang dipastikan akan turut memberikan hak suaranya dalam Pilkada Bontang Desember mendatang. Meski tengah menjalani masa hukuman, namun hak politik tetap diberikan kepada mereka. Adapun total warga binaan di Lapas Bontang mencapai 1.093.

“40 persen diantaranya punya hak pilih,” kata Kalapas Kelas IIA Bontang, Ronny Widyatmoko.

Baca Juga  Oktober Nanti Nelayan Dilarang Tangkap Ikan, Ini Sebabnya

Reporter : Yulianti Basri
Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply