Lomba, Perpustakaan Mercusuar Lok Tuan Wakili Kaltim ke Tingkat Nasional

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Perpustakaan Mercusuar Lok Tuan, Bontang Utara berhasil mewakili Kalimantan Timur (Kaltim) untuk mengikuti lomba perpustakaan umum desa/kelurahan tingkat nasional. Kesempatan tersebut diperoleh pasca pihaknya memenangkan lomba di tingkat provinsi pada 23 Juni 2021 lalu.

Lurah Lok Tuan, M Takwin mengatakan pihaknya optimistis perpustakaan Mercusuar mampu meraih juara nasional dalam ajang lomba perpustakaan umum desa/kelurahan tingkat nasional.

Rasa optimistis tersebut Ia sampaikan, usai juri menyebut nilai Bontang pada 10 indikator penilaian. Apalagi, berbagai inovasi dilakukan Perpustakaan Mercusuar untuk menarik minat baca masyarakat, hingga berpartisipasi aktif dalam memberikan sumbangsih nyata.

Inklusi sosial, jaringan, anggaran, kelembagaan, pelayanan, dokumentasi dan dampak yang diperoleh oleh masyarakat sekitar dengan adanya perpustakaan.

“10 indikator ini nilainya di atas rata-rata maka dari itu saya yakin Bontang bisa juara,” ungkapnya usai penilaian oleh dewan juri secara virtual di Pendopo Rujab Wali Kota Bontang, Senin (23/8/2021).

Tak hanya itu, berbagai inovasi dilakukan Perpustakaan Mercusuar untuk menarik minat baca masyarakat, hingga berpartisipasi aktif dalam memberikan sumbangsih nyata. Di antaranya mempromosikan keberadaan perpustakaan melalui media sosial, hingga mewajibkan setiap pasangan yang akan menikah.

“Setiap pasangan wajib menyumbang tiga buku untuk menambah koleksi buku di perpustakaan,” sebutnya.

Selain itu, membangun kerjasama dengan perpustakaan digital juga menjadi keunggulan bagi perpustakaan Lok Tuan, sebab menyediakan 500-700 konten buku berbasis digital. Sehingga bisa diakses oleh masyarakat dengan mudah.

“Adanya akses wifi di beberapa titik sangat memudahkan warga. Harapannya, buku-buku yang tersedia bisa menjadi ruang inspirasi,” pungkasnya.
Sementara itu, Wali Kota Bontang Basri Rase mengatakan, keberadaan Perpustakaan Mercusuar sangat penting karena menjadi sarana masyarakat untuk mengembangkan minat baca dan menambah wawasan serta dikembangkannya perpustakaan digital, akses pencarian berbagai judul buku bisa dilakukan tidak hanya di Bontang, namun bisa melalui aplikasi perpustakaan digital Kaltim (Perpustakaan Kaltim), hingga ke iPusnas (Perpustakaan Nasional.

Baca Juga  Gubernur Pertegas Larangan Mudik, Minta Pemimpin Baru Jalankan Instruksi

“Karena buku adalah jendela dunia,” ujarnya.

Reporter : Lia Dewa
Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply