Daftar 11 Mobil Baru Berpotensi Dapat Diskon PPnBM Permanen

KITAMUDAMEDIA – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyatakan sedang mengupayakan subsidi berupa diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 100 persen berlaku permanen untuk sebagian mobil baru. Salah satu syarat yang diungkap untuk mendapatkan subsidi ini yakni mobil diproduksi lokal dengan kandungan lokal minimal 80 persen.

Menurut Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, syarat tersebut diberikan supaya industri otomotif Tanah Air dapat semakin memberi dampak positif ke perekonomian dalam negeri yang tengah tertekan pandemi Covid-19.

Kata Agus pembebasan PPnBM bagi industri otomotif memang perlu diperjuangkan dan perlu mendapatkan perhatian khusus sebab saat ini ada 21 perusahaan industri kendaraan bermotor roda empat dan lebih dengan kapasitas produksi 3,5 juta unit per tahun.

Di sisi lain, perusahaan komponen kendaraan yang jumlahnya 319 ribu juga sebagian besar merupakan skala UMKM. Lalu industri ini menyerap 1,5 juta pekerja secara langsung dan puluhan juta pekerja tak langsung, serta catatan serapan investasi mencapai Rp150 triliun.

11 mobil kandungan lokal minimal 80 persen
Tidak semua mobil yang diproduksi di Indonesia memiliki kandungan lokal di atas 80 persen. Berdasarkan data Kemenperin setidaknya ada 11 yang memenuhi syarat itu.

Menurut data pada lampiran Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 1731 Tahun 2021 Tentang Kendaraan Bermotor dengan PPnBM atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah ditanggung oleh Pemerintah Tahun Anggaran 2021, 11 model itu sebagai berikut:

  1. Toyota Veloz 83 persen
  2. Toyota Kijang Innova 2.0 83 persen
  3. Toyota Agya 85 persen
  4. Toyota Calya 85 persen
  5. Daihatsu Sigra 85 persen
  6. Daihatsu Ayla 85 persen
  7. Mitsubishi Xpander 80 persen
  8. Mitsubishi Xpander Cross 80 persen
  9. Nissan Livina 80 persen
  10. Honda HR-V 1.8L 84 persen
  11. Honda Brio Satya 91 persen (CNN)
Baca Juga  Tips Selamatkan Makanan di Kulkas saat Listrik Padam

Editor : Redaksi KMM

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply