Awesome Logo
Tersedia ruang iklan, informasi hubungi 08125593271                    Segenap Pimpinan dan Redaksi Kita Muda Media Mengucapkan Marhaban ya... Ramadhan 1442 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin                    Patuhi Protokol Kesehatan dan Jaga Imunitas                    Follow Medsos KITAMUDAMEDIA FB : kitamudamedia, Fan Page FB : kitamudamedia.redaksi, IG : kitamudamedia.redaksi, Youtube : kitamudamedia official                                   Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1442 H                         

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Kini Hadir di samarinda

KITAMUDAMEDIA – Gubernur Kaltim diwakili Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Christianus Benny meresmikan penggunaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Shelter Kantor PLN UP3 Samarinda di Jalan Gajah Mada Samarinda.

Inovasi PLN ini merupakan upaya kampanye penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) di Kaltim. Kampanye kendaraan bermotor ramah lingkungan ini menjadi tindak lanjut Peraturan Presiden RI Nomor 55 Tahun 2019 tentan Percepatan Program KBLBB untuk Transportasi Jalan.

Sejalan dengan Permenhub Nomor 65 Tahun 2020 terkait konversi sepeda motor dengan penggerak motor bakar menjadi motor listrik berbasis baterai. Mobil listrik telah memiliki payung hukum berupa Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas PP Nomor 77 Tahun 2019 yang mengatur tentang barang jasa kena pajak yang tergolong mewah yang dikenai pajak penjualan atas barang mewah.

“Keberadaan SPKLU ini akan menumbuhkan geliat pembelian mobil listrik di Kaltim,” kata Christianus Benny membacakan sambutan Gubernur Kaltim saat peresmian SPKLU Shelter Kantor PLN UP3 Samarinda di Jalan Gajah Mada Samarinda, Rabu (26/1/2022).

Keberadaan kendaraan listrik (roda 4 dan roda 2) sangat penting mengingat jumlah kendaraan bermotor di Kaltim saat ini sudah mencapai 3.178.580 unit (data BPS tahun 2020). Dengan dua daerah tertinggi adalah Samarinda dan Balikpapan.

Terpenting lanjut Gubernur, mobil listrik yang masuk ke Kaltim telah melalui uji tipe kendaraan bermotor listrik yang terdiri dari pengujian unjuk kerja akumulator listrik, alat pengisian ulang energi listrik, pengujian kemampuan perlindungan terhadap sentuh/kontak listrik, keselamatan fungsional dan emisi hydrogen.

“Pemprov Kaltim memberikan apresiasi, karena adanya SPKLU ini akan mengurangi pencemaran udara dan setidaknya sudah ada pilihan lain bagi masyarakat untuk memilih pemakaian bahan bakar untuk kendaraan bermotornya,” sambung Gubernur. (PemprovKaltim)

Baca Juga  DPRD Kutim Gelar Rapat Paripurna Anggaran 2024

Editor : Redaksi KMM

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply