12 Sekolah di Bontang Siap Terapkan Kurikulum Merdeka

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Bontang akan terapkan Kurikulum Merdeka, tercatat ada 12 sekolah PAUD, SD dan SMP, yang akan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

Kepala Disdikbud Kota Bontang, Bambang Cipto Mulyono mengatakan dalam implementasi Kurikulum Merdeka ke setiap sekolah sudah masuk tahap 2 dan 3, sekiranya ada 12 sekolah yang melaksanakan Program Sekolah Penggerak (PSP).

“ Sekolah Penggerak, akan diberikan pelatihan khusus, saat ini sudah masuk tahap dua dan tiga,” katanya saat dikonfirmasi Rabu (24/08/2022)

Bambang juga menuturkan kesiapan sekolah akan dilihat dari ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM), sarana dan prasarana pendukung yang akan ditentukan oleh Pemerintah Pusat melalui Kemendikbud Ristek.

“ Tidak semua sama dalam IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka) Mandiri, setiap sekolah berbeda, mulai tahun ajaran 2022/2023 ini secara bertahap, ada beberapa sekolah yang sudah menerapkan, ” katanya.

Lebih lanjut, Ia juga mengatakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi memberikan kesempatan kepada setiap sekolah yang telah siap dalam melaksanakan implementasi Kurikulum Merdeka untuk ikut mendaftar.

“ Kementerian memberikan kesempatan untuk sekolah yang sudah siap dalam melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) untuk mendaftar, ” katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Bontang mengatakan sudah menerapkan pembelajaran menggunakan Kurikulum Merdeka dan diperuntukan untuk siswa kelas VII sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik.

“ Terkait kurikulum ini mengarah ke bakat minat siswa, dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam dimana konsepnya akan lebih optimal agar para siswa memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi, diberlakukan untuk kelas VII dan untk kelas VIII dan XI masih menggunakan kurikulum K 13, “ katanya saat dikonfirmasi redaksi klausabontang.news Rabu (24/08/2022).

Baca Juga  Sasar Pelajar, Disdukcapil Jemput Bola Perekaman e-KTP di Sekolah

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang bertujuan untuk mengasah minat dan bakat anak sejak dini dengan berfokus pada materi esensial, pengembangan karakter, dan kompetensi peserta didik.

Dari informasi yang terhimpun, kurikulum Merdeka sudah diuji coba di 2.500 sekolah penggerak. Tidak hanya di sekolah penggerak, kurikulum ini juga diluncurkan di sekolah lainnya. Menurut data Kemdikbud Ristek, sampai saat ini, telah ada sebanyak 143.265 sekolah yang sudah menggunakan Kurikulum Merdeka. Jumlah ini akan terus meningkat seiring mulai diberlakukannya Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran 2022/2023 di jenjang TK, SD, SMP, hingga SMA.

Reporter : Octa Fadillah
Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply