Pesta Adat Erau Pelas Benua Guntung Resmi Digelar, 15 – 19 November 2022

KITAMUDAMEDIA,Bontang – Pesta Adat Erau Pelas Benua Guntung Tahun 2022, resmi dibuka oleh Wali Kota Bontang. Pembukaan erau yang ke – 20 ini berlangsung di Panggung Adat Guntung, Selasa (15/11/22) dan berakhir, Sabtu 19 November 2022.

Walikota Bontang, Basri Rase mengatakan bahwa Pesta Adat Erau Benua merupakan acara yang dilaksanakan sejak ratusan tahun secara turun – menurun.

“Acara ini merupakan acara adat yang rutin turun-menurun diadakan sejak ratusan tahun yang silam,”ucap Basri.

Dikatakan, Basri Pesta Adat Erau pelas Benua adalah seni budaya yang erat kaitannya dengan sejarah kerajaan Kutai tertua di Bumi Nusantara sejak Abad ke-IV Masehi. Tujuannya untuk melestarikan, menggali, membina, dan mengembangkan seni budaya asli Daerah, maka terlaksananya Erau Pelas Benua sebagai refleksi penghormatan kepada cipta karsa para leluhur.

“Terlaksananya Erau Pelas Benua ini dalam rangka melestarikan serta upaya menggali, membina dan mengembangkan Seni Budaya asli Daerah sebagai refleksi penghormatan kepada cipta karsa para leluhur,”ujarnya.

Pelaksanaan tersebut melibatkan berbagai pihak, mulai dari masyarakat, Pemerintah, serta Perusahaan di Kota Bontang.

“Setiap Tahunnya lembaga adat bersama dengan berbagai komponen masyarakat, dan dengan dukungan Pemerintah maupun Perusahaan yang ada di Kota Bontang melaksanakan Erau pelas Benua,”ungkapnya.

Di akhir sambutan, Basri menuturkan atas nama Pemerintah Kota Bontang ia mengapresiasi mendalam kepada Adat Kutai serta masyarakat Guntung, atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Ia katakan, acara ini adalah sakral bagi tradisi adat kutai, yang terlaksana setiap tahunnya.

“Saya menyatakan apresiasi mendalam atas nama Pemerintah Kota Bontang kepada lembaga Adat Kutai dan masyarakat Kampong Guntung, atas terselenggaranya kegiatan Erau Pelas Benua di Kelurahan Guntung. Dimana acara ini adalah acara sakral bagi tradisi Adat Kutai, yang dilaksanakan setiap Tahun di Kota Bontang,”terangnya.

Baca Juga  7 Olahraga yang Untuk Penderita Diabetes Mengontrol Gula Darah

Reporter : Amel
Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply