Disdikbud Bontang Gelar Seminar Wujudkan Merdeka Belajar Guru Hebat Indonesia Maju

KITAMUDAMEDIA,Bontang- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Bontang menggelar seminar pendidikan Hari Guru Nasional ke-77 dengan bertemakan Pendidikan Serentak Berinovasi Wujudkan Merdeka Belajar Guru Hebat Indonesia Maju di Ballroom Grand Mutiara, Kamis (24/11/22).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Bambang Cipto Mulyono mengatakan kegiatan ini dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional yang ke 77 tahun.

“Seminar ini dalam memperingati hari guru yang ke tujuh puluh tujuh dan membangkitkan kembali semangatkan pendidikan kita yang sudah dua tahun kita tidak melaksanakan akibat pandemi covid-19,”ungkapnya.

Bambang katakan dengan terlaksananya seminar tersebut semoga seluruh guru di Kota Bontang dapat bersinergi dalam mewujudkan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Belajar.

“Mudah-mudahan dengan seminar pendidikan ini bisa membangkitkan lagi semangat para guru para penggiat pendidikan untuk mewujudkan inovasi merdeka belajar di Kota Bontang,”katanya.

Selain itu, ia mengharapkan seminar tersebut dapat menjadikan para pendidik di Kota Bontang bisa melakukan perbaikan dalam meningkatkan wujudkan Implementasi Kurikulum Merdeka yang lebih bermutu dan berinovasi.

“Harapan kami dengan adanya seminar ini kami bisa mencari butiran – butiran intan yang kita aplikasikan dalam dunia pendidikan apa – apa yang memang harus segera kita benahi di dalam rangka mewujudkan pendidikan yang bermutu,”bebernya.

Tambahnya, ungkap Bambang pihaknya akan terus melakukan sosialisasi dalam mewujudkan Implementasi Kurikulum Merdeka yang akan serentak dilakukan di seluruh indonesia maupun Kota Bontang di Tahun 2024.

“Dimana pendidikan saat ini ada paradigma baru yaitu merdeka belajar serentak akan kita berlakukan di seluruh indonesia tahun 2024 maka dari itu Kota Bontang memulai dari 2021, 2022, 2023 akan terus kita giatkan kita sosialisasikan tentang merdeka belajar di Kota Bontang,”tambahnya.

Sementara, Wali Kota Basri Rase melalui Asisten II, Lukman mengatakan bahwa dengan adanya seminar diharapkan para peserta dapat memahami sehingga bisa lebih mudah dalam mengimplementasikan pada proses belajar mengajar kepada siswa/siswi masing-masing.

“Untuk itu saya meminta kepada para peserta seminar untuk untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga nantinya dapat mudah diimplementasikan dalam proses belajar mengajar,”ucapnya dalam sambutan

Dikatakan Lukman seminar ini juga tentunya sangat penting untuk sinergi dan implementasikan dalam pengembangan pembangunan di bidang pendidikan.

“Seminar ini tentunya sangat penting untuk mensinergikan berbagai informasi pengembangan pembangunan bidang pendidikan dan membangun kesamaan pandangan atas berbagai kebijakan bidang pendidikan serta implementasinya,”katanya.

Lanjut, ia menyampaikan bahwa dalam pengembangan pembangunan pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia khususnya Kota Bontang dan juga salah satu prioritas utama dalam pembangunan nasional pendidikan dan menjadi aspek penting juga.

“Pembangunan pendidikan merupakan salah satu prioritas utama dalam pembangunan nasional pendidikan merupakan aspek penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia merupakan tanggung jawab semua pihak, tak terlepas Pemerintah Kota Bontang dan masyarakat,”ujarnya.

Harapannya seminar Itu menumbuhkan semangat dalam mewujudkan merdeka belajar, guru hebat, Indonesia maju.

“Pemerintah Kota Bontang berharap melalui seminar ini dapat memberikan spirit baru dalam implementasi kurikulum merdeka,”terangnya.

Reporter : Amel
Editor: Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply