Awesome Logo
Tersedia ruang iklan, informasi hubungi 08125593271                    Segenap Pimpinan dan Redaksi Kita Muda Media Mengucapkan Marhaban ya... Ramadhan 1442 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin                    Patuhi Protokol Kesehatan dan Jaga Imunitas                    Follow Medsos KITAMUDAMEDIA FB : kitamudamedia, Fan Page FB : kitamudamedia.redaksi, IG : kitamudamedia.redaksi, Youtube : kitamudamedia official                                   Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1442 H                         

Sebut Pertumbuhan Ekonomi Maluku Utara Tertinggi Sedunia, Jokowi: Karena Hilirisasi

KITAMUDAMEDIA – Ekonomi Provinsi Maluku Utara tumbuh 26,94 persen atau hampir 27 persen secara kumulatif pada kuartal III-2022. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, angka pertumbuhan ekonomi

Maluku Utara itu menjadi yang tertinggi sedunia lantaran saat ini hampir semua negara mengalami perlambatan ekonomi. Menurut dia,

Maluku Utara dapat mencetak pertumbuhan ekonomi yang meroket pada 2022 karena provinsi tersebut telah melakukan hilirisasi industri yang dapat meningkatkan nilai jual suatu komoditas, dalam hal ini hilirisasi nikel.

“Lompatan itu karena apa? Karena hilirisasi, di situ ada industri smelter yang nanti ini akan tumbuh lagi. Kalau smelter di sana tambah industri yang turunan-turunan dari nikel itu semua bisa dikerjakan di Maluku Utara,” ujarnya saat PTBI 2022 di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (30/11/2022).

Lonjakan pertumbuhan ekonomi ini, kata dia, terjadi karena pembangunan infrastruktur yang merata hingga ke Luar Pulau Jawa sehingga melahirkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di luar Pulau Jawa. “(Porsi investasi di) luar Jawa sudah 53 persen, inilah menurut saya keberhasilan membangun infrastruktur yang diikuti menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru dan diikuti oleh investasi yang menuju ke luar Jawa,

” terangnya. Dikutip dari laman resmi BKPM, hilirisasi di Indonesia sudah dicanangkan sejak 2010 sebagai strategi untuk meningkatkan nilai tambah komoditas yang dimiliki.

Dengan adanya hilirisasi, ke depannya komoditas yang diekspor bukan lagi berupa bahan baku, melainkan berupa barang setengah jadi atau bahkan barang jadi.

Adapun tujuan dari hilirisasi ini untuk meningkatkan nilai jual komoditas, memperkuat struktur industri, menyediakan lebih banyak lapangan pekerjaan, dan meningkatkan peluang usaha di dalam negeri. Maluku Utara jadi provinsi paling bahagia

Selain pertumbuhan ekonomi yang terbesar, Jokowi mengungkapkan, Provinsi Maluku Utara juga mampu menjaga inflasi tetap rendah di level 3,3 persen.

Baca Juga  Lakukan Monitoring, DKP3 Pastikan Stok Bahan Pangan Aman Selama Ramadhan

Jokowi pun sudah membuktikan sendiri bahwa harga bahan-bahan pokok di pasar Maluku Utara sangat stabil.

Hal ini dia temui saat mengecek pasar di Ternate, Maluku Utara, satu bulan yang lalu. “Gimana enggak senang rakyatnya inflasi hanya 3,3 persen, pertumbuhan ekonominya 27 persen.

” kata dia. Kendati demikian, di balik cemerlangnya indikator ekonomi Maluku Utara, Presiden Jokowi memperingatkan agar provinsi ini tetap berhati-hati.

Sebab, kondisi global ke depannya masih tidak pasti sehingga kinerja positif ini harus dijaga dengan hati-hati agar tidak merosot.

“Saya titip hati-hati. Bukan hati-hati tidak baik, tapi hati-hati sudah baik. Hati-hati jangan menjadi tidak baik,” tuturnya.

Editor : Redaksi KMM


Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply