Waspada DBD, Puskesmas BS 1 Tangani 57 Kasus

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) dari dulu hingga saat ini tentu menjadi kekhawatiran tersendiri bagi siapapun, jika tidak dicegah sejak dini.

Kepala Tata Usaha sekaligus juru bicara informasi Puskesmas Bontang Selatan (BS) 1, Irma Damayanti menerangkan selama periode Januari – November 2022 kawasan kerja sekitarnya mencatat ada sekitar 57 kasus.

Ia mengatakan demi menekan kasus DBD, pihaknya terus melakukan edukasi terhadap masyarakat sekitar.

“Hal ini kami sampaikan saat kunjungan rumah sambil dilakukan edukasi ke tetangga sekitar yang di survei DBD, “ kata Irma saat dikonfirmasi redaksi klausabontang.news Jumat (09//12/2022).

Irma menerangkan setiap Rabu pihaknya rutin berkeliling menggunakan mobil promosi Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Bontang guna menyampaikan informasi terkait pencegahan DBD serta menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Tinggal peran dan kesadaran masyarakat yang perlu lebih waspada dan lebih mawas diri lagi, agar dirinya serta keluarganya tidak terkena penyakit DBD ini, “ terangnya.

Wulan (25) salah satu warga Kelurahan Tanjung Laut mengaku sering kali melihat mobil puskesmas tersebut melintas di area rumahnya sembari menginformasikan penanggulangan serta penanganan DBD.

“Untuk hari pastinya kurang tahu pastinya, tetapi setiap minggunya pasti ada saja, 57 kasus itu terbilang sedikit, semoga saja akan terus mengalami penurunan kasus, “ ujarnya.

Sebagai informasi seseorang yang mengalami demam berdarah dengan gejala ringan bisa dirawat di rumah tanpa harus dibawah ke Rumah Sakit (RS).

Berikut adalah cara perawatan demam berdarah di rumah, diantaranya:

  1. Istirahat sebanyak mungkin.
  2. Minum obat penurun demam. Jika sakit demam berdarah, obat penurun demam yang boleh dikonsumsi hanya parasetamol. Hindari minum ibuprofen dan aspirin.
  3. Jika panas tidak kunjung turun, boleh dibantu dengan dikompres.
  4. Minum banyak cairan untuk mencegah dehidrasi. Dehidrasi pada penderita demam berdarah bisa menjadi kondisi yang mengancam jiwa. Pasien bisa meminum cairan apapun, seperti air putih, air kelapa, jus buah, atau cairan lainnya.
Baca Juga  Kontak dengan Pasien Positif di Bontang, Jumlah ODP Bertambah jadi 12

Pada umumnya demam berdarah bisa dirawat dari rumah, yang terpenting adalah menjaga agar penderita DBD beristirahat cukup dan minum banyak cairan, namun jika kondisi tidak kunjung membaik segera bawa ke RS terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut agar kondisi penderita DBD lekas membaik.

Reporter: Octa Fadillah
Editor: Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply