45 Anggota PPS Kota Bontang Resmi Dilantik, Diminta Bekerja Sesuai Regulasi

KITAMUDAMEDIA,Bontang – Ketua KPU Kota Bontang Erwin telah melantik dan mengambil sumpah anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kota Bontang, di Auditorium 3 Dimensi, Selasa (24/01/23). Turut dihadiri Wali Kota Bontang, Basri Rase dan Wakil Wali Kota Bontang, Najirah.

Total ada sebanyak 45 anggota yang dilantik dari 15 Kelurahan se Kota Bontang, untuk persiapan pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada tahun 2024 mendatang.

“Hari ini kita sudah melantik anggota PPS se Kota Bontang berdasarkan jumlah dari masing-masing Kelurahan jadi semuanya ada 45. Namun, ada 2 yang berhalangan nanti kita akan dilantik susulan,”ucap Ketua KPU Erwin Selasa (24/01/23).

Lanjut, Erwin menyampaikan tugas anggota PPS adalah membantu tugas-tugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) di tingkat Kelurahan. Ia menegaskan agar seluruh anggota dapat bekerja sesuai dengan regulasi yang telah ditentukan.

“Saya tekankan kepada mereka bahwa kawan-kawan PPS itu adalah sifatnya membantu tugas KPU pada di tingkat kelurahan. Jadi, Harus bekerja sesuai dengan regulasi, karena kalau mencoba diluar dari regulasi itu tidak disertai arahan dari kami. Maka, akan berisiko bagi mereka,”katanya.

Dikatakan, Erwin apabila seluruh anggota telah mengikuti sesuai dengan regulasi, jika terjadi suatu permasalahan maka, pihaknya dapat penuhi kewajban untuk membantu.

“Kalau kawan-kawan sesuai dengan tupoksinya mengikuti arahan sesuai dengan regulasi bekerja nya ketika ada gugatan dari pihak peserta pemilu sampai tingkatan paling tinggi kami siap mendampingi mereka,” ungkapnya.

Namun, ia menjelaskan apabila dari anggota PPS tidak mengikuti regulasi, maka bisa diproses hukum.

“Ketika terindikasi mereka rada keluar dari jalur regulasi maka, kami akan segera meminta di proses hukum mereka,” tutupnya.

Walikota Bontang, Basri Rase menyampaikan bahwa bagi seluruh Anggota PPS yang telah dilantik sangat berperan penting dalam penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024.

“PPS merupakan penyelenggara pemilu yang mempunyai peran penting dalam penyelenggaraan pemilu Tahun 2024 dan merupakan perpanjangan tangan dari KPU yang akan melaksanakan kebijakan-kebijakan tahapan pemilu di tingkat Kelurahan,”ujarnya.

Basri berharap agar seluruh anggota PPS bisa menjaga amanah dengan baik dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya hingga menjadikan pemilu 2024 nanti dapat berjalan dengan baik.

“Saya berharap dengan dilantiknya anggota PPS dapat bekerja dengan baik dan bertanggung jawab serta berintegritas melaksanakan tugas dalam menyukseskan pemilu serentak tahun 2024 sehingga tercipta suasana yang sejuk, tenang, tertib, aman dan damai dalam kontestasi,”terangnya

Reporter : Amel
Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply