Pertahankan Adipura, DLH Lakukan Penilaian Lingkungan Bersih Se Kelurahan di Bontang

KITAMUDAMEDIA,Bontang – Dalam mempertahankan budaya perolehan peraihan Adipura kencana, DLH lakukan kegiatan penilaian kebersihan dan lingkungan hijau di seluruh Kelurahan se Kota Bontang mulai 23 – 24 Mei 2023.

Kepala Bidang Peningkatan Kapasitas dan Penegakan Hukum Lingkungan DLH, Muhajir Noor mengatakan bahwa penilaian kelurahan bersih dan hijau ini dilakukan se Kota Bontang dalam bertujuan mempertahankan budaya yang selalu memperoleh tropi Adipura.

“Tahapan awal Presentasi Gerakan Hijau dan Bersih setiap Kelurahan oleh Lurah dan sudah dilaksanakan pada setiap Kelurahan dipersilahkan mengajukan 5 tempat unggulan di wilayahnya utk dilakukan verifikasi,”ucapnya saat dihubungi oleh redaksi kitamudamedia.com

Dijelaskan, Muhajir bahwa pelaksanaan kunjungan tersebut berlangsung selama dua hari pada Selasa 23 hingga Rabu 24 Mei 2023 dan terdiri dari 7 tim yg melakukan verifikasi lapangan.

“Kategori yang diadopsi adalah mirip – mirip saja dengan penilaian adipura namun adipura itu untuk skala tingkat Kota/Kabupaten sehingga kita sesuaikan dengan skala tingkat kelurahan,” jelasnya.

Lanjut, Muhajir memaparkan terkait penilaian terdiri dari beberapa yang berkaitan dengan sampah diantaranya pengelolaan, pemilahan, termasuk juga drainase dan pohon pohon hijau asri sebagai peneduh.

“Sudah semua kita nilai, untuk penilaian di Area Pemukiman dan lain – lain yang berkaitan dengan Sampah (pengolahan, pemilahan), termasuk drainase dan RTH (pohon2 peneduh),
Peran serta masyarakatnya, serta inovasi yang mendukung terciptanya lingkungan bersih, hijau dan asri,”paparnya.

Saat ini sedang tahap pengumpulan nilai dari masing-masing tim. Apresiasi yang akan diberikan juga tentu ada berupa piagam dan uang pembinaan untuk juara 1 , 2, dan 3.

“Tentu ada reward dari hasil penilaian tersebut, kami bakal ambil juara 1, 2 dan 3, akan kami informasikan kapan untuk kepastian diumumkannya,”sambungnya.

Baca Juga  Pembenahan Fasilitas Olahraga di Kalti Mesti Selaras DOD

Akan hal tersebut, dirinya berharap seluruh Kelurahan di Kota Bontang dapat berkomitmen menjaga lingkungan yang bersih dalam mewujudkan lingkungan sehat hingga menjadi tropi Adipura selanjutnya di tahun mendatang.

“Harapannya agar semua kelurahan di Kota Bontang bisa komitmen menjaga lingkungannya dengan bersih, hijau dan asri serta dengan terciptanya itu semua kita mengharapkan budaya Tropi Adipura senantiasa kita pertahankan setiap tahunnya,”terangnya.

Reporter: Amel
Editor: Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply