Pelayanan Damkartan, Kebakaran dan Non Kebakaran

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Pelayanan terhadap masyarakat oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) dibagi dalam dua kategori yaitu pemadam kebakaran dan non kebakaran atau penyelamatan.

Pertama, pemadam kebakaran atau Damkar. Pasukan ini bertugas memadamkan kebakaran, melakukan penyelamatan, serta menanggulangi bencana atau kejadian lainnya. Petugas pemadam kebakaran selain berlatih untuk menyelamatkan korban dari kebakaran atau melakukan pemadaman, juga dilatih untuk penyelamatan korban korban bencana seperti kecelakaan lalu lintas, gedung runtuh, banjir, gempa bumi, dan lainnya.

Kedua, non kebakaran. Damkartan juga ditugaskan dalam melakukan tugas-tugas penyelamatan yang tidak menyangkut adanya kebakaran seperti mengevakuasi sarang tawon, penyelamatan korban bunuh diri, menyelamatkan hewan atau orang yang terjebak, menanggulangi pohon tumbang, dan lain sebagainya.

Sarkani, Kepala Bidang Pengendalian Operasional Damkartan Bontang, anggotanya siap siaga dalam penyelamatan kebakaran, maupun non kebakaran. Termasuk membantu adanya korban kecelakaan, maupun sisi penyelamatan.

“Kami juga sering mengadakan kegiatan seperti penyuluhan, edukasi, sosialisasi, dan sebagainnya. Bahkan kunjungan ke Damkar pun kami terima, asalkan konfirmasi ke kami terlebih dahulu agar jadwal tidak bertabrakan dengan kegiatan yang lain”, ungkapnya.

Dalam kecelakaan pun, petugas Damkar tidak sembarangan dalam menangani hal tersebut. Seperti korban yang terjepit saat terjadi kecelakaan, petugas Damkar membantu korban menggunakan alat bantu untuk mempermudah korban dalam mengevakuasi saat kecelakaan terjadi.

Sarkani juga menambahkan untuk kedepannya, tim rescue bisa lebih membantu masyarakat. Damkar bisa mencoba untuk memenuhi sarana dan alat pendukung yang lebih dan lengkap lagi.

Reporter : Dwi S
Editor : Kartika Anwar

Baca Juga  Link Pendaftaran dan Beasiswa Polteknaker, 100 Persen Gratis

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply