Beasiswa Cendekia Baznas 2023: Jadwal, Syarat, dan Komponennya

KITAMUDAMEDIA – Beasiswa Cendekia Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) resmi dibuka pada Senin (3/7/2023). Deputi II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas M Imdadun Rahmat membenarkan hal tersebut. “Betul, dibuka 3 Juli 2023,” kata Rahmat saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (5/7/2023).

Menurutnya, proses pendaftaran dilakukan di kampus masing-masing. Dalam hal ini, Baznas telah menggandeng 101 kampus dalam negeri dan 48 ma’had aly. Kuotanya adalah 1.707 orang untuk kampus dan 550 orang untuk ma’had aly. Sebagai informasi, Beasiswa Cendekia Baznas merupakan program beasiswa pendidikan tinggi tingkat D4 dan S1 yang sedang menempuh studi di kampus mitra.

Syarat beasiswa Cendekia Baznas 2023 Bagi Anda yang berminat mendaftar, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yakni:

1. Mahasiswa D4/S1 semester 5 program reguler di kampus mitra Baznas.

2. Memenuhi salah satu dari kategori beasiswa berikut:

– Kategori jurusan prioritas: Komputer, profesi (kedokteran, psikologi, keperawatan, farmasi), teknik, – akuntansi, statistika, manajemen zakat dan wakaf, komunikasi, ekonomi, dan pendidikan

– Ketegori prestasi: Memiliki prestasi nasional dan/atau internasional (lebih direkomendasikan yang telah tercatat di Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud)

– Kategori wirausaha: Memiliki usaha pribadi yang sudah berjalan minimal 6 bulan

– Kategori aktivis: Aktif menjadi pengurus organisasi kemahasiswaan minimal tingkar jurusan atau organisasi kepemudaan/masyarakat 3. IPK minimal 3,00 (skala 4,00).

3. IPK minimal 3,00 (skala 4,00).

4. Melengkapi berkas: Pas foto terbaru/berwarna, KTP dan KK, transkip nilai IPK terakhir, surat rekomendasi dari tokoh masyarakat atau surat rekomendasi dari Baznas kabupaten atau kota.

5. Surat pernyataan.

6. Esai dengan tema kontribusiku menjadi generasi zakat.

Pendaftaran dan seleksi beasiswa dilakukan di masing-masing kampus dengan menghubungi layanan beasiswa.

Baca Juga  Sengit! War Tiket Coldplay Presale BCA Ludes dalam 10 Menit

Peserta yang lolos tahap administrasi akan menjalani tes wawancara di masing-masing kampus.

Komponen beasiswa Baznas 2023 Beasiswa yang diberikan berupa subsidi uang kuliah tunggal (UKT) hingga Rp 3 juta per semester yang dibayarkan langsung kepada rekening kampus atas nama mahasiswa penerima.

Selain UKT, beasiswa Baznas juga termasuk pengembangan diri bersama mentor. Beasiswa ini diberikan selama 4 semester, dari semester 5 hingga semester 8 atau hingga mashasiswa lulus, jika lulus sebelum semester 8.

Jadwal beasiswa Baznas 2023

  • Pendaftaran dilakukan di kampus masing-masing: 3-12 Juli 2023
  • Seleksi administrasi: 12-21 Juli 2023
  • Seleksi wawancara: 24-31 Juli 2023
  • Masa sanggah: 1-30 Agustus 2023
  • ¬†Pengumuman akhir: 31 Agustus 2023( Kompas)


Editor : Redaksi KMM

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply