Lapas Bontang Bina 1.713 Narapidana, Penghuni Terbanyak Se Kaltimtara

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Lapas Kelas IIA Bontang membina sebanyak 1.713 narapidana. Jumlah tersebut menjadi terbanyak se Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (Kaltimtara).

Kepala Lapas Kelas IIA Bontang Ronny Widiyatmoko mengatakan,penghuni lapas Kota Bontang merupakan penghuni terbanyak di Kaltim – Kaltara namun menjadi lapas yang paling kondusif.

“Penghuni lapas bontang paling banyak di kaltim sekitar 1700 orang, tapi lapas kita menjadi lapas yang paling kondusif,” ucapnya saat sambutan, pada Rabu (16/8/2023).

Ia juga menyampaikan, sebagian besar warga binaan berasal dari Kabupaten Kutai Timur (Kutim) sisanya Bontang. “Sekira seribuan napi dari Kutim, sisanya Bontang,” katanya.

Untuk jumlah penghuninya ideal hanya berkisar 376 warga binaan, namun yang terjadi jauh melewati kapasitas. Jumlah tersebut akan berkurang dengan pemberian remisi terhadap warga binaan. Tahun 2023 misalnya, ada sekira 1200 orang
mendapat potongan masa tahanan. Khusus peringatan HUT ke 78 RI pada 17 Agustus besok, 12 narapidana akan dibebaskan langsung.

“Tahun ini sebanyak 1200 narapidana lapas kelas IIA Bontang akan mendapatkan remisi, besok ada 12 orang narapidana akan bebas” ucapnya.

Selanjutnya dikatakan Ronny, Pemerintah Kutim rencananya akan membangun lapas rutan seluas 10 hektar di Kutim Sangatta.

“Untuk saat ini masih berjalan pembangunan lapas di Penajam Paser Utara, setelah selesai baru akan di bangun yang di Kutim Sangatta,” imbuhnya.

Reporter : Yulia. C
Editor : Kartika Anwar

Baca Juga  Sidang ke 2 Gugatan Ma’ruf Kembali Batal, PKS Minta Penundaan

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply